in ,

Imut dan Lucu, Ini Dia 10 Hewan Terkecil di Dunia

Dunia memiliki banyak jenis hewan. Banyak di antara mereka yang memiliki ukuran super mini. FYINE merangkum 10 hewan terkecil di dunia untuk anda. Apa saja, ya?

Tak bisa dipungkiri lagi jika hewan mempunyai berbagai macam bentuk maupun ukuran tubuh. Ada yang berukuran besar bahkan ada pula kecil. Kali ini pembahasan kita mengenai hewan terkecil di dunia. Binatang yang terkesan imut dan lucu memang menggemaskan sekali. Apalagi jika binatang tersebut membuat anda tertarik karena bentuknya.

Mungkin sekarang anda merasa penasaran dengan deretan hewan terkecil yang ada di dunia. Dari pada anda menunggu lama, sebaiknya menyimak ulasan berikut ini:

Marmoset Kerdil, Hewan Terkecil Dunia yang Tinggal di Amazon

Sumber: National Geographic

Marmoset Kerdil atau Pygmy Marmoset adalah jenis primata terkecil di dunia. Hewan mini ini adalah penghuni asli Hutan Hujan Amazon, Amerika Selatan. Berat badan Pygmy Marmoset hanya sekitar 100 gram, dengan betina yang cenderung memiliki berat yang lebih daripada para pejantan. Dengan panjang rata-rata (dari kepala ke ekor) hanya 172 sampai  229 mm, hewan ini menjadi monyet paling imut, dengan penampilan yang sangat menggemaskan.

Kelelawar Bumblebee

Sumber: Redbrick.me

Bumblebee Bat adalah kelelawar terkecil di dunia. Beratnya bahkan kurang dari 2 gram saja! Hewan mini ini dapat ditemukan bergelantungan di gua-gua gamping Thailand.

Lemur Tikus Madame Berthe, Hewan Terkecil Dunia yang Aktif di Malam Hari

Sumber: Earthporn

Dengan berat rata-rata lemur dewasa hanya 30 gram, dan panjang rata-rata hanya 9.2 cm, hewan ini praktis masuk dalam jajaran primata terkecil dunia. Primata mini ini tinggal di Hutan Kirindy , Madagaskar Barat.

Brookesia Micra, Hewan Terkecil Dunia yang Panjangnya hanya 1.6 Centi

Sumber: Handci.cz

Brookesia Micra tercatat sebagai bunglon dan bahkan reptil paling kecil yang ada di dunia. Ditemukan di Madagaskar, Brookesia Micra dewasa dapat tumbuh dengan panjang 29 mm saja.

 Ular Benang Barbados

Sumber: Wired.com

Ular Benang Barbados atau Barbados Threadsnake adalah ular terkecil di dunia yang pernah ditemui, yang ditemukan di Antigua dan Barbuda. Ular Benang Barbados dewasa memiliki panjang rata-rata hanya 10 cm saja dengan ketebalan hampir sama dengan mie spageti.

Tikus Kerdil Etruscan

Hewan Terkecil di Dunia-Tikus Kerdil Etruscan
Sumber: Country Life

Hewan terkecil di dunia ini sekaligus dikenal sebagai mamalia terkecil di dunia. Beratnya hanya sekitar 1,8 gram, dengan panjang tak sampai 4 cm. Tikus Kerdil Etruscan  atau biasa disebut juga Etruscan shrew ini dikenal memiliki metabolisme yang sangat cepat. Mereka biasa makan makanan dengan berat 1.5 – 2 kali lipat berat badan mereka per hari. Tikus ini juga dikenal dengan gerakannya yang sangat gesit.

Hiu Lentera Kerdil 

Sumber: Diving Almanac

Hiu Lentera Kerdil atau Dwarf lanternshark adalah hiu terkecil yang pernah ditemukan di dunia, dengan panjang maksimal sepanjang 20 cm. Seperti namanya, hiu ini memiliki kemampuan menghasilkan cahaya.

Paedocypris, Ikan yang Masuk Jajaran Hewan Terkecil di Dunia

Hewan Terkecil di Dunia-Paedocypris
Sumber: Fishipedia.fr

Paedocypris adalah genus ikan cyprinid kecil yang dapat ditemukan di rawa-rawa dan sungai di pulau-pulau Asia Tenggara seperti Kalimantan, Sumatra dan Bintan. Paedocypris progenetica diklaim sebagai salah satu spesies ikan terkecil di dunia, dengan panjang hanya 10.3 mm saja.

Thorius Arboreus

Sumber: Calphotos.berkeley.edu

Hewan ini adalah salamander dengan tubuh yang sangat kecil, yaitu hanya 18 mm untuk yang jantan sedangkan betinanya 20 mm.

Paedophryne Amauensis

Hewan Terkecil di Dunia-Paedophryne Amauensis
Sumber: Cbsnews

Paedophryne Amauensis adalah spesies katak dari Papua Nugini. Dengan panjang 7,7 mm, katak ini dianggap sebagai vertebrata terkecil yang pernah ditemukan di dunia.

Itu tadi adalah jajaran hewan terkecil di dunia yang telah FYINE rangkum untuk anda. Adalah hal yang sangat menakjubkan ketika Tuhan yang maha besar, menciptakan hewan-hewan yang super kecil nan imut di dunia ini. Keberagaman hayati dunia ini sudah sepatutnya kita jaga agar anak cucu kita juga bisa melihatnya.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jenis Burung Love Bird dengan Corak yang Indah

5 Teori Asal-Usul Kehidupan, Dari Pandangan Science Hingga Agama