in ,

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda, Berikut 5 Penyebabnya

Jangan panik, sudah selazimnya anda merasakan sakit pinggang saat hamil muda. Namun sebagai ibu pintar, yuk cari tahu penyebabnya dalam artikel berikut ini!

Sebagai seorang wanita sekaligus calon ibu bagi anak anda, maka sudah selazimnya anda akan merasakan sakit di area pinggang saat hamil muda. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang harus anda khawatirkan. Akan tetapi banyak orang yang panik saat sakit pinggang ini pertama kali terjadi pada diri mereka. Nah, bagi anda yang saat ini tengah memasuki masa kehamilan awal dan mulai merasakan sakit pinggang saat hamil muda, berikut 5 Penyebabnya yang wajib anda pahami:

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Dapat disebabkan karena Perubahan Hormon

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda-Hormon Ibu Hamil
Sumber: Sehatq

Seperti halnya saat anda sedang haid, tubuh anda juga akan memproduksi hormon berlebih ketika memasuki masa kehamilan. Pada masa ini, tubuh akan menghasilkan hormon relaksin yang bertugas merelaksasi ligament di area pinggang. Hal ini membuat persendian di area tersebut menjadi lebih longgar dari biasanya. Ligament yang menyokong tulang punggung ini pun melonggar yang menimbulkan rasa nyeri. Ini merupakan fase di mana tubuh mempersiapkan kelahiran sang anak.

Bertambahnya Berat Badan Adalah Salah Satu Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda-Berat Badan Naik

Sumber: Pregnant Chicken

Tidak hanya tersokong oleh ligament, tulang punggung juga akan menerima beban yang lebih berat ketika anda sedang hamil. Pasalnya, rata-rata berat tubuh ibu hamil pasti akan meningkat sekitar 12kg hingga 18kg. Selain kerja tulang punggung yang makin berat, bertambahnya berat janin dan ukuran Rahim yang membesar membuat pembuluh darah besar, saraf area punggung dan pinggang makin tertekan. Ini yang membuat rasa nyeri hingga sakit di area pinggang sering terasa.

Berubahnya Postur Tubuh

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda-Berubahnya Postur Tubuh
Sumber: Nova.grid

Pinggang pun lambat laun akan semakin tak nyaman dengan posisi tubuh anda selama beraktivitas.  Semakin bertambahnya usia kehamilan, tanpa sadar anda harus beradaptasi dengan berat tubuh yang berporos pada perut sebagai titik tubuh terberat. Inilah yang membuat anda harus menemukan posisi terbaik saat beraktivitas, sehingga lama kelamaan membuat pinggang jadi terasa sakit.

Peregangan Otot

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda-Otot Mengencang
Sumber: Mother and Baby

Salah satu otot bernama rektus abdominis yang terletak di depan area Rahim akan meregang seiring dengan membesarnya ukuran Janin. Hal inilah yang terkadang membuat pinggang jadi terasa sakit saat anda hamil terlebih saat memasuki usia kehamilan tua. Untuk meminimalisir hal ini, anda bisa mencoba mencari posisi istirahat yang nyaman sehingga otot-otot anda bisa meregang dengan lebih baik.

Kendalikan Stress Anda, Sebab Stress Menjadi Salah Satu Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Sumber: Parenting.orami

Ibu hamil cenderung lebih mudah stress, baik karna kondisi lingkungan maupun rasa tidak nyaman yang dialami selama masa kehamilan. Padahal, stress inilah yang diyakini akan semakin memperparah rasa sakit di pinggang anda. Atas dasar itu, seringkali ibu hamil sangat disarankan untuk lebih bisa mengelola emosi dengan lebih baik dari biasanya.

Baca juga:  Ilmuwan Korea Kembangkan Masker yang Dapat Dipakai Lagi Tangkal Virus Corona/COVID-19

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Fakta Anak Pertama Perempuan, Benarkah Lebih Cerdas?

Jangan Panik, Ini Cara Menurunkan Panas Anak