in ,

Jangan Panik, Ini Cara Menurunkan Panas Anak

Kita sering merasa panik dan bingung saat anak demam. Tak usah panik, FYINE telah merangkum cara menurunkan panas anak untuk anda.

Sebagai orang tua tentu anda sangat bahagia ketika melihat anak sedang aktif dan ceria saat bermain, tapi bagaimana jika anak tiba-tiba mengalami demam?  Jika sudah begini maka hampir semua orangtua pasti langsung khawatir bahkan meski itu hanyalah demam ringan biasa. Haruskah orangtua mengetahui cara menurunkan panas anak di rumah?  Sebelum mengobati demam pada anak, anda harus paham mengapa demam bisa terjadi. Demam seringkali terjadi ketika tubuh berusaha melawan infeksi tertentu. Dengan mekanisme ini, suhu tubuh naik sebagai bentuk pertahanan. Dengan kata lain, suhu yang naik membuat kuman yang menyerang tidak akan lama bertahan hidup.

Maka dari itu anda tidak perlu panik, sebab demam tidak sepenuhnya buruk.  Sering kali anak kecil justru dapat menghadapi demam dengan cara yang lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa. Sebenarnya,  jika si anak demam namun ia masih bisa aktif bermain dan bertingkah laku seperti biasa, anda tidak perlu bingung karena suhu anak akan turun dengan sendirinya. Namun begitu  untuk berjaga-jaga saat anak anda mulai tidak merasa nyaman dengan demamnya, FYINE telah merangkum cara menurunkan panas anak untuk anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Daftar Isi hide

Coba Obat Penurun Demam

Ibuprofen
Sumber: Hello Sehat

Jika anak Anda mulai rewel atau merasa tidak nyaman, Anda dapat memberikan asetaminofen atau ibuprofen sesuai dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan usia atau berat badan anak. (Jika tidak diinstruksikan oleh dokter, jangan pernah memberikan aspirin kepada anak karena pemakaian aspirin dapat menyebabkan sindrom Reye, penyakit yang jarang terjadi namun berpotensi fatal.) Jika Anda tidak tahu dosis yang disarankan atau anak Anda yang berusia dibawah 2 tahun, hubungi dokter.

Walaupun memberikan obat penurun panas adalah cara menurunkan panas anak yang paling mudah dilakukan, namun bayi yang berusia dibawah 2 bulan tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat demam tanpa diperiksa terlebih dulu oleh dokter. Jika anak Anda memiliki masalah medis, tanyakan kepada dokter untuk melihat obat mana yang paling baik. Ingat bahwa obat demam hanya menurunkan suhu sementara dan tidak menyembuhkan penyebab demam anak yang sebenarnya.

Lakukan Perawatan di Rumah Cara Menurunkan Panas Anak-Pakaikan Selimut Untuk Anak

Sumber: Food Safety

Pakaikan anak anda baju yang ringan dan tidak terlalu tebal lalu pakaikan selimut pada anak yang juga tidak terlalu tebal. Jika anda memakaikan baju dan membungkus anak dengan bahan yang terlalu tebal, suhu tubuh anak akan terjebak dan mengakibatkan suhunya yang semakin meningkat. Pastikan ruangan anak berada di suhu yang nyaman, yaitu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Memberikan Makanan dan Minuman yang Tepat Dapat Adalah Salah Satu Cara Menurunkan Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Anak-Minum Banyak air
Sumber: Pop Mama

Demam dapat menyebabkan anak kehilangan cairan tubuh lebih cepat dari biasanya, berikan anak lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi pada anak. Selain Air mineral atau air segar, sup, es loli, dan agar-agar adalah pilihan makanan dan minuman yang baik diberikan untuk anak. Hindari minuman yang mengandung kafein, termasuk cola dan teh, karena jenis minuman ini dapat memperburuk dehidrasi dan meningkatkan intensitas buang air kecil pada anak.

Salah Satu Cara Menurunkan Panas Anak Adalah Mandi dengan Suhu Air yang Tepat

Cara Menurunkan Panas Anak-Mandi
Sumber: Alodokter

Mandi membantu menurunkan demam, tetapi  jangan biarkan anak mandi dengan air dingin atau air yang terlalu panas. Mandi dengan air dingin atau es akan menyebabkan menggigil dan dapat meningkatkan suhu anak, begitu pula jika air yang digunakan bersuhu panas. Mandikan anak dengan suhu air yang nyaman bagi anak. Mandi dengan suhu air yang nyaman akan membantu anak rileks dan bisa menurunkan demam.

Biarkan Anak Istirahat yang Cukup Cara Menurunkan Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Anak-Istirahat
Sumber: Parenting.firstcry

Salah satu cara menurunkan panas anak adalah dengan membuat anak anda beristirahat. Dengan tidur yang cukup maka kondisi badan menormalkan diri dimana tubuh akan berusaha untuk beristirahat untuk melakukan regenerasi pada badan.

Itu tadi adalah cara menurukan panas anak. Tidak perlu panik saat menghadapi anak demam sebab itu adalah hal yang wajar dialami anak-anak. Tetapi anda perlu waspada jika anak menolak untuk minum, munculnya gejara diare dan muntah-muntah. Waspadai juga jika panas anak tidak turun dalam 24 jam (usia dibawah 2 tahun) atau 72 jam (2 tahun keatas).

Baca juga:  Fakta Bahaya Radiasi Handphone, Benarkah Bisa Akibatkan Kanker?

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda, Berikut 5 Penyebabnya

Dari Bubur Pedas Hingga Mie Sagu, Berikut 10 Kuliner Khas yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung ke Kalimantan Barat