in ,

Pelajari Lane Guide LoL Wild Rift Terlengkap Versi Kami, Jadi Makin Jago!

Sebelum main ada baiknya kamu pahami dulu seputar lane di Wild Rift

sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Wild Rift via Droila

Bermain di map League of Legends: Wild Rift membutuhkan lane guide LoL yang baik dan benar agar timmu dapat memenangkan pertandingan. Ingin menguasai lane-nya? Simak artikel ini lebih lengkapnya!

Masalah utama map League of Legends: Wild Rift sendiri adalah sering membuat bingung terutama bagi pemain baru atau pemain yang memainkan game MOBA lainnya karena memang sistem gameplay yang sedikit berbeda.

Perbedaannya adalah mereka tidak memiliki sebutan pasti untuk Top Lane atau Bottom Lane karena ada Baron Lane dan Dragon Lane.

Sistem di League of Legends: Wild Rift memang agak berbeda yaitu mirrored map yang artinya ketika tim biru mendapatkan Baron Lane di bagian atas maka di tim merah, posisinya menjadi di bagian bawah.

Fyine udah rangkum panduan lengkap untuk masing-masing lane yang bisa kamu pelajari di artikel ini. Yuk cekidot!

Lane guide LOL : Baron Lane

Lane Guide LOL yang pertama adalah Baron Lane. Tipikal champion yang biasa mengisi Lane ini di Wild Rift saat ini terdiri dari Camille, Dr. Mundo, Fiora, Garen, Jax, Nasus, Singed, Tryndamere, dan Yasuo.

Champion yang mengisi Baron Lane biasanya memiliki stat defensif seperti HP, armor, dan magic resist yang tinggi. Namun tidak sedikit juga pemain memainkan champion “off-meta” yang agak berbeda. Misalnya seperti Vayne sebagai counter dari champion tank dengan HP tebal seperti Garen dan Mundo.

Tetapi perlu kalian ketahui bahwa pemilihan champion off-meta seperti Vayne perlu dibarengi pertimbangan tertentu seperti jumlah tank di tim kalian, keberadaan initiator, serta lawan lane kalian.

sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Vayne via One Esports

Mengingat kebanyakan champion penghuni Baron Lane adalah tank dengan kemampuan inisiasi yang baik, maka tugas kalian selama tidak memperebutkan Rift Herald atau melakukan gank ke midlane adalah farming.

Saking nganggur-nya champion Baron Lane saat tim bermain pasif, banyak pemain menyebut Baron Lane (toplane) sebagai lane terisolasi atau AFK farming lane. Yang penting kalian asik sendiri aja di lane ini! Hihihi…

Namun semua itu berubah ketika laning phase sudah selesai dan pemain mulai lebih aktif melakukan teamfight serta berebut objective. Ada baiknya Baron Laner selalu ada tiap kali tim kalian membutuhkan champion yang mampu berada di garis depan. Karena tuntutan inilah banyak Baron Laner direkomendasikan untuk selalu mobile dengan membawa teleport.

sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Garen via esportsku.com

Rotasi sebagai seorang Baron Laner tergolong cukup sederhana. Karena kalian berada sangat jauh dari Dragon Pit, maka kalian bertugas melihat kondisi Rift Herald. Tujuannya adalah sebagai langkah antisipasi apabila jungler lawan berusaha mengambil epic monster tersebut.

Selalu perhatikan midlane karena sewaktu-waktu kalian harus membantu midlaner kalian ketika ia sudah siap melancarkan combo-nya untuk mengamankan kill dan membutuhkan set-up.

Dragon Lane

Lane Guide LOL selanjutnya adalah Dragon Lane. Roster champion yang bisa kalian pilih dalam berjibaku di lane ini cukup beragam dengan gaya bermain yang unik.

Hingga saat artikel ini ditulis, champion yang lazim dimainkan sebagai Dragon Laner saat ini adalah Ashe, Drave, Ezreal, Jhin, Jinx, Kai’Sa, Miss Fortune, dan Vayne. Rata-rata kalo dilihat kebanyakan dari hero ini adalah Marksman ya. Tapi jika kalian cukup kreatif, kalian juga bisa memainkan non-Marksman seperti Ziggs, kok.

lane guide LOL
sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Ziggs via Dafunda

Gaya bermain tiap champion Dragon Laner memang berbeda satu dengan yang lain, tetapi dasar permainan mereka tetaplah sama. Seorang Dragon Laner wajib dapet semua last hit agar bisa membeli item utama yang ia butuhkan secepat mungkin.

Saat laning, Dragon Laner juga disarankan untuk bertahan di belakang Tank Support seperti Braum dan Alistar yang mampu menelan damage lawan dalam jumlah banyak. Tetapi jika Support tim kamu adalah seorang Mage atau Enchanter, usahakan untuk berada di belakang minion timmu saat melakukan last hit maupun poke.

Saat sedang teamfight, peranan seorang Dragon Laner juga sangat krusial. Usahakan mengincar champion dengan pertahanan rendah dulu sembari berdekatan dengan Tank tim kalian untuk bertahan hidup.

Jika tidak mungkin, tetaplah berada di garis belakang dan menyerang champion musuh terdekat. Jangan lupa juga perhatikan positioning jika tidak ingin mati.

lane guide LOL
sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Champion via Dunia Games

Dikarenakan Dragon Laner adalah role yang wajib mendapatkan minion untuk gold dan EXP, timing rotasi yang tepat adalah kunci agar tidak tertinggal satu minion-pun dibanding lawan kalian. Penulis sangat menyarankan pemula untuk tetap bermain di lane hingga setidaknya turret pertama lawan hancur.

Satu-satunya saat dimana Dragon Laner bisa meninggalkan lane adalah ketika Jungler berusaha mengambil Dragon. Jika kalian ingin membantu, maka pastikan kalian menghabisi minion lawan secepat mungkin dan mendapat lane priority.

Mid Lane

Pada dasarnya banyak banget champion yang bisa kamu pakai untuk di mid lane. Malah hampir semua champion kayaknya bisa bisa aja. Yang perlu kalian lakukan hanya menyesuaikan build dari masing-masing champion sesuai dan rasional dengan kebutuhan seorang midlaner.

Champion Mage yang biasa dimainkan di Mid Lane terdiri dari Annie, Aurelion Sol, Lux, Orianna, Seraphine, dan Ziggs. Sementara Assassin yang bisa kalian mainkan di Mid Lane terdiri dari Ahri, Akali, Fizz, Zed, dan tentu saja Yasuo.

lane guide LOL
sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Yasuo via League of Legends Wild Rift!

Dikarenakan unggul dari segi jarak, Mage sangat disarankan untuk melakukan poke sembari mengambil last hit sesering mungkin, baik menggunakan auto attack atau ability. Poke inilah yang menjadi kekuatan terbesar Mage saat laning. Musuh yang tidak perhatian dengan HP mereka bisa saja mati memalukan dari poke beruntun yang dilancarkan oleh Mage.

Assassin adalah kebalikan Mage. Tipikal Assassin memiliki jarak serang yang pendek (melee), namun dengan kemampuan solo kill yang besar setelah mendapatkan ultimate.

Karena jarak serang yang dekat ini, Assassin sangat disarankan untuk bermain aman di bawah turret terutama ketika melawan champion jarak jauh. Setelah mendapatkan ultimate, Assassin bisa mencoba melakukan solo kill dengan all-in combo mereka.

lane guide LOL
sumber: Riot Games/LoL: Wild Rift/Lux via PC Gamer

Mid Lane merupakan lane paling dekat dengan Dragon Lane maupun Baron Lane. Maka dari itu, ada kalanya Midlaner melakukan gank ke dua lane tersebut. Apalagi Midlaner biasanya menjadi role dengan keunggulan EXP dan gold dalam satu tim, menjadikan mereka pemain yang sedikit lebih kuat daripada role lainnya secara alamiah.

Selain itu, Midlaner juga bisa mencoba mencuri Raptor di jungle musuh untuk mendapatkan sedikit tambahan gold dan EXP saat minion wave belum mencapai titik bertemu dengan minion musuh.

Nah itulah lane guide LoL yang bisa kalian pergunakan sebagai pegangan bermain Wild Rift. Siap mencobanya?

Baca artikel game menarik lainnya hanya di Fyine!

Baca juga:  Ini Role LoL Wild Rift Yang Wajib Diketahui, Dari Rumit Sampe Kuat Banget

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Deretan Combo Mobile Legends Terdewa Paling Update Versi Kami

Gemasnya Memendam Cinta Selama 17 Tahun, Ini Sinopsis, Pemain, Fakta, Trailer A Love so Beautiful di Netflix