in , ,

Guide Hero Esmeralda Tersakit, Hajar Musuh-Musuhmu!

Hero hybrid Tank dan Mage ini unik. Apanya yang unik ya?

sumber: doc. fyine/ariowirawanharyono

Esmeralda termasuk Hero yang cukup unik di game Mobile Legends karena dia memiliki kemampuan hybrid. Maksud dari hybrid adalah ia bisa memberikan physical dan magical damage secara sekaligus. Dengan kemampuannya itu, build item Esmeralda bisa kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi permainan.

Esmeralda memiliki role Tank Mage, tapi sebenarnya role utamanya adalah Mage. Dengan begitu akan lebih efektif kalau kita menggunakan item magic. Tapi jika tim kalian kekurangan Tank, kalian bisa menjadikan Esmeralda sebagai garda terdepan tim kalian.

fyine udah rangkum guide menggunakan Esmeralda secara efektif untuk raih kemenangan di artikel ini. Yuk cekidot, jangan lupa untuk baca artikel lainnya ya!

Profil Hero Esmeralda

sumber: Moonton/MLBB/Esmeralda via ONE Esports

Esmeralda merupakan seorang Astrolog yang tinggal di kawasan sebelah barat Land of Dawn. Karena memiliki kemampuan yang tinggi, Esmeralda dipilih menjadi penerus para Astrolog dan memiliki tugas untuk menjaga Starmoon Casket.

"use strict"; var adace_load_603aef764bb50 = function(){ var viewport = $(window).width(); var tabletStart = 601; var landscapeStart = 801; var tabletEnd = 961; var content = '%3Cscript%20async%20src%3D%22%2F%2Fpagead2.googlesyndication.com%2Fpagead%2Fjs%2Fadsbygoogle.js%22%3E%3C%2Fscript%3E%0A%09%09%3Cins%20class%3D%22adsbygoogle%20adace_adsense_603aef764bade%22%0A%09%09style%3D%22display%3Ablock%3B%22%0A%09%09data-ad-client%3D%22ca-pub-6232974854678209%22%0A%09%09data-ad-slot%3D%224022029581%22%0A%09%09data-ad-format%3D%22auto%22%0A%09%09%3E%3C%2Fins%3E%0A%09%09%3Cscript%3E%28adsbygoogle%20%3D%20window.adsbygoogle%20%7C%7C%20%5B%5D%29.push%28%7B%7D%29%3B%3C%2Fscript%3E'; var unpack = true; if(viewport=tabletStart && viewport=landscapeStart && viewport=tabletStart && viewport=tabletEnd){ if ($wrapper.hasClass('.adace-hide-on-desktop')){ $wrapper.remove(); } } if(unpack) { $self.replaceWith(decodeURIComponent(content)); } } if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_603aef764bb50(); } else { //fire when visible. var refreshIntervalId = setInterval(function(){ if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_603aef764bb50(); clearInterval(refreshIntervalId); } }, 999); }

})(jQuery);

Starmoon Casket adalah wadah misterius yang memiliki kekuatan besar, dan dapat digunakan untuk menyegel kekuatan dari Khufra, sang Raja Tiran dari padang pasir. Selain harus menjaga Starmoon Casket, Esmeralda juga harus mencari cara untuk membuka dan menggunakan item tersebut.

Kelebihan Hero Esmeralda

sumber: Moonton/MLBB/Esmeralda via Pinterest

Shield Super Tebal: Esmeralda bisa memproduksi shield dengan sangat besar. Selain itu dia juga bisa mencuri shield dari musuh dengan skill 1. Serangannya akan memberikan shield pada musuh yang bisa diserap dengan skill 1. Dengan begitu, Esmeralda sangat tangguh dan OP untuk urusan close combat meskipun tanpa item defense sekalipun.

Ideal di Semua Fase: Esmerald termasuk Hero Mage yang sangat ideal untuk dimainkan di semua fase mulai dari awal hingga akhir permainan. Hal ini tidak lepas dari role dan build item yang fleksibel. Kita bisa menyesuaikannya dengan kondisi tim atau permainan yang ada.

Mudah Dimainkan: Meskipun skillnya sulit dipahami, tapi sebenarnya Esmeralda itu termasuk hero yang cukup mudah untuk dimainkan. Yang paling penting ketika memainkan hero ini adalah tahu build yang tepat ketika bermain dan memperhatikan komposisi tim dan lawan.

Kelemahan Esmeralda

Hero Esmeralda
sumber: Moonton/MLBB/Esmeralda via Dunia Games

Role Hybrid dan Tanggung: salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Esmeralda adalah campuran skillnya yang menurut kami tanggung. Banyak player yang kebingungan apakah harus menggunakan build tank atau mage, apakah harus fokus attack atau bertahan. Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan tim.

Minim Skill CC: Esmeralda tidak memiliki skill crowd control yang cukup kuat untuk mengendalikan suatu keadaan. Satu-satunya skill CC yang dia miliki adalah skill 3. Selain itu, role-nya sebagai Tank juga hanya mengandalkan Shield untuk dirinya sendiri.

Skill Ultimate Mudah Meleset: Skill ultimate memerlukan casting time yang menurut saya cukup lama, sehinga akan sangat mudah untuk dihindari. Musuh bisa melihat persiapan atau ancang-ancang ultimate Esmeralda.

Cara Memainkan Esmeralda

Hero Esmeralda
sumber: Moonton/MLBB/Esmeralda via ONE Esports

Gunakan Pure Mage: kami sarankan kalian menggunakan Hero Esmeralda dengan build item Mage dibandingkan tank. Dengan menggunakan build item magic, shield yang akan dihasilkan oleh skill 1 akan lebih maksimal. Tapi semuanya kembali lagi pada preferensi kalian, gunakan sesuai dengan situasi tim dan permainan.

Maksimalkan Skill 2: skill 2 merupakan skill yang memberikan damage terbesar dari skill lainnya. Selain itu skill ini juga akan mengurangi cooldown skill 1, sehingga kita akan lebih sering spam skill 1 jika sering menggunakan skill 2.

Rekan Menguntungkan Untuk Esmeralda

Hero Esmeralda
sumber: Moonton/Mobile Legends/Kaja via LINE Today

Hero Esmeralda sangat cocok dikombinasikan dengan Hero-Hero yang mengandalkan crowd control karena dia sendiri sangat minim skill CC. Kalian bisa mengkombinasikan kekuatan Hero ini dengan durabilitias dari Hero-Hero Tank seperti Chou, Kaja, Akai, Minotaur, dan Grock.

Counter Esmeralda

sumber: Moonton/MLBB/Chou via oketekno.com

Hero Esmeralda sangat lemah jika berhadapan dengan Hero-Hero yang sangat mengandalkan kemampuan crowd control seperti Chou, Saber, Nana, dan Guinevere. Selain itu, dia juga akan sangat lemah jika berhadapan dengan Hero-Hero yang memiliki burst damage sangat tinggi seperti Karrie, Lunox, Gusion, dan Granger.

Rekomendasi Build Item Hero Esmeralda

Hero Esmeralda
sumber: Moonton/MLBB/Esmeralda via Daily SPIN

Kami merekomendasikan build Hero Esmeralda yang paling cocok dan memungkinkan untukmu meraih kemenangan. Berikut build item yang bisa kamu gunakan.

Magic Shoes. Sebenarnya build sepatu ini ditujukan sebagai build sepatu fleksibel gengs. Jika kalian berhadapan dengan banyak Hero mengandalkan skill CC, gunakan Tough Boots. Jika berhadapan dengan Hero mengandalkan physical, gunakan Warrior Boots. Jika tidak mengambil buff dan boros mana, gunakan Demon Shoes.

Magic Shoes bisa kalian gunakan jika membutuhkan tambahan cooldown reduction karena item ini akan memberikan kalian tambahan status tersebut. Dengan begitu, kalian akan lebih sering spam skill.

Calamity Reaper. Pasif dari item ini bisa memberikan true damage pada target. Caranya setelah kalian menggunakan skill, gunakan basic attack. Maka basic attack itu akan memberikan true damage yang setara dengan 120% magic attack yang kalian miliki. Selain itu, movement speed kalian juga akan meningkat sebesar 10% dalam waktu singkat.

Item Calamity Reaper ini juga akan memberikan 100 mana dan 30 mana regen, sehingga pemakaian mana kalian tidak akan terlalu boros gengs. Tambahan 10% cooldown reduction-nya juga sangat berguna supaya bisa lebih sering spam skill ketika bermain.

Holy Crystal. Tambahan magic power dari item ini memang terbilang kecil gengs, yakni hanya 100 poin saja. Tapi pasifnya benar-benar mengerikan gengs karena bisa meningkatkan magic attack sebesar 21% hingga 35%. Tentu saja item ini akan benar-benar terasa efeknya ketika sudah late game, dimana item magic kalian semuanya sudah jadi.

Hero Esmeralda

Ice Queen Wand. Item yang satu ini berfungsi untuk memberikan tambahan efek slow kepada target, sehingga mereka akan lebih kesulitan untuk kabur. Sebab pasif item Ice Queen Wand ini akan memberikan efek slow hingga 30% selama 3 detik dengan catatan kalian memberikan damage pada target dengan menggunakan skill, bukan basic attack.

Item Ice Queen Wand juga akan memberikan tambahan 10% Magical Lifesteal yang sangat berguna untuk regen HP. Kalian bisa bertahan lebih lama untuk laning ataupun teamfight. Movement speed kalian juga akan meningkat 7%, sehingga mobilitas Esmeralda akan cukup besar.

Hero Esmeralda

Wings of the Apocalypse Queen. Item ini akan benar-benar berguna ketika sedang by one dengan Hero musuh gengs, terutama Fighter. Sebab kalian akan mendapatkan damage reduction sebesar 50% ketika HP kurang dari 40%. Semakin sekarat, semakin barbar kalian kalau pakai item ini. Selain itu, kalian juga akan mendapakan tambahan 30% physical lifesteal.

Item Wings of the Apocalypse Queen ini juga akan memberikan tambahan HP yang sangat besar, yaitu 1000 HP. Dengan begitu Esmeralda akan memiliki darah dan shield yang sangat tebal. Tambahan Cooldown reduction-nya juga berguna supaya bisa lebih sering spam skill.

Hero Esmeralda

Feather of Heaven. Item ini berfungsi untuk memaksimalkan skill pasif yang dimiliki oleh Esmeralda. Basic attack yang dia berikan akan ditingkatkan magic attack-nya sebesar 40%. Sehingga basic attack dari Esmeralda ini akan semakin besar, terutama di late game gengs.

Selain itu, item Feather of Heaven in ijuga akan memberikan tambahan 30% Attack Speed yang tentu saja akan membuat Esmeralda bisa memberikan serangan DPS yang sangat efektif dan akan lebih cepat untuk membunuh musuh.

Rekomendasi Emblem Esmeralda & Battle Spell

Hero Esmeralda
sumber: doc. fyine/ariowirawanharyono

Untuk emblem Esmeralda, sebaiknya kalian gunakan Custom Magical Emblem dengan susunan 3x Agility untuk movement speed, 3x Invasion untuk magical penetration, dan telent Impure Rage untuk meningkatkan magic damage dan regen mana.

Untuk battle spell kalian bisa menggunakan Purify atau Retribution. Gunakan item retribution jika ingin bermain agresif dan benar-benar menjadi carry tim. Gunakan Purify jika di tim musuh banyak hero-hero CC seperti Guinevere, Chou, dan Kaja.

Guide Pro Player Hero Esmeralda

Penasaran gimana sih cara pemain pro mengoptimalkan penggunaan Esmeralda? Nih fyine kasih guide videonya dari salah satu pemain pro Esmeralda yakni Ninsei.

Nah itulah artikel guide Hero Esmeralda yang wajib banget kamu praktekkan supaya kamu makin jago. Siap ngadu gak nih?

Baca guide Mobile Legends lainnya hanya di fyine!

Baca juga:  Ini Tips Main Mobile Legend Tanpa Lag, Push Rank Makin Gampang!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut Panduan Lengkap Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca

7 Film dan Serial Netflix yang Diadaptasi dari Game 2021