in , ,

Guide Carmilla Mobile Legends, Support Tanker Yang OP Banget!

Dengan skill teamfight yang luar biasa, siap hantam lawan-lawannya!

sumber: Moonton/MLBB/Carmilla via Youtube

Carmilla adalah salah satu Hero di Mobile Legends yang memiliki role Support yang terbilang cukup OP. Hal tersebut dikarenakan Hero Support satu ini memiliki kemampuan teamfight yang sangat luar biasa.

Carmilla ini adalah kekasih dari Cecillion, salah satu Hero Vampir yang juga sama kerasnya. Carmilla memang benar-benar cinta pada Cecillion meskipun memiliki dunia yang berbeda.

Berdasarkan pengalaman kami, Carmilla ini merupakan support yang memiliki mobilitas yang tinggi. Hal ini tidak lepas dari skillnya yang bisa memberikan tambahan movement speed. Selain itu dia juga bisa membalikkan keadaan ketika teamfight dengan skill ultimatenya.

Nah fyine udah rangkum selengkapnya cara menggunakan Carmilla dalam guide artikel ini. Yuk simak artikelnya!

Profil Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Carmilla via Pinterest

Hero cewek ini ternyata memiliki darah bangsawan dari Castle Abarleen. Dia memiliki popularitas yang tinggi berkat darah keluarganya yang terkenal dan wajahnya yang cantik.

Sayangnya, kelebihan yang dimiliki oleh Carmilla justru digunakan sebagai dijadikan alat politik oleh ayahnya, yakni Earl Anssac. Sang ayah berambisi memiliki dinasti politik yang lebih kuat dan luas. Oleh karena itu, dia ingin dijodohkan dengan keluarga bangsawan yang juga memiliki kekuasaan.

Kelebihan Carmilla

Hero Carmilla

sumber: Moonton/MLBB/Carmilla via skyegrid.id

1. Tank Killer

Carmilla merupakan support yang bisa mengurangi pysical defense lawan sebesar 20 poin dari skill pasifnya. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk melawan hero-hero tank yang memiliki physical & magic defense yang tinggi. Terlebih saat ini sedang meta menggunakan 2 tank. Bahkan semua lawan bisa terkena pasif dari Carmilla.

2. Regen HP Tinggi

Carmilla juga memiliki regen HP yang cukup tinggi. Dengan begitu dia akan memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik ketika teamfight. Sebab regen dari skill pertamanya ini bersifat area. Kita bisa maksimalkan kemampuan ini dengan Oracle ataupun Magic Power yang tinggi.

3. Mobilitas Tinggi

Carmilla termasuk hero support yang memiliki mobilitas tinggi. Sebab skill keduanya memberikan tambahan movement speed yang sangat tinggi. Dengan kemampuannya ini Carmilla akan lebih cepat dalam roaming. Bisa kabur ataupun mengejar lawan dengan lebih cepat.

4. Kaya akan Crowd Control

Carmilla juga memiliki kemampuan Crowd Control yang cukup merepotkan. Skill pertamanya akan memberikan efek slow 30% dan skill ultimatenya akan memberikan slow 90%. Kemudian skill keduanya juga akan memberikan efek stun dengan durasi yang cukup lama (tidak selama Moskov dan Selena).

5. Hero Support Area Terbaik

Carmilla memiliki skill ulti yang sangat berguna untuk teamfight. Skill ini akan mempermudah tim kita untuk membunuh lawan dengan lebih mudah. Karena burst damage dan skill CC yang akan diberikan oleh rekan kita akan bersifat area (hingga tiga target).

Kelemahan Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Cecilion via Kincir

1. Sangat Bergantung pada Tim

Semua hero support memang sangat bergantung pada tim. Penggunaan skill pertamanya sangat cocok digunakan untuk teamfight dibandingkan solo. Apalagi skill ultimatenya yang akan sangat efektif jika kita gunakan untuk ganking.

2. Tidak Punya Damage Signifikan

Hero ini memiliki role full support dan dia tidak memiliki role lain seperti Nana ataupun Faramis. Dengan begitu Carmilla memiliki damage yang tidak besar seperti mereka. Jadi jangan harap kalian bisa mendapatkan solo kill ketika menggunakan hero Carmilla.

3. Potensi Blunder Skill 1

Skill 1 bisa menimbulkan blunder jika kita gunakan pada timing yang tepat. Skill ini memang akan memberikan regen HP yang tinggi ketika mengenai lawan. Tapi damage dari skill ini tidaklah besar. Dengan begitu kita membutuhkan rekan satu tim yang harus back-up .

Cara Menggunakan Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Carmilla via gamerawan

1. Jangan Solo Lane

Usahakan kita selalu bersama dengan rekan setim, paling tidak kita bersama dengan hero carry untuk membantunya farming di lane ataupun jungle. Perlu kami tekankan gengs, Carmilla ini termasuk hero yang sangat bergantung pada tim.

2. Lock Hero Core Lawan

Skill keduanya sangat berguna untuk melawan hero-hero Lincah seperti Gusion, Ling, dan Fanny. Sebab skill ini akan memberikan efek stun dengan durasi stun yang cukup lama. Usahakan setelah menggunakan skill ini jangan langsung digunakan, tunggu beberapa detik dan gunakan lagi. Targetkan pada hero core lawan, terlebih jangkauannya juga sangat jauh.

3. Simpan Skill Ultimate

Sebaiknya simpan skill ultimate dan gunakan ketika situasinya sangat pas. Situasi yang pas untuk menggunakan skill ini adalah ketika teamfight. Usahakan ketika lawan sedang berkumpul atau berdekatan supaya skill ultinya bisa mengenai banyak target. Setelah itu, biarkan teman kalian yang menghabisinya.

4. Tempel Hero Carry

Usahakan untuk selalu berada dekat dengan hero carry. Ketika ada lawan yang berusaha mendekatinya, kita bisa stun mereka dan bisa kita cicil dengan skill 1. Meskipun tidak memberikan damage yang tinggi, tapi skill ini cukup berguna untuk memberikan slow mereka, sehingga akan sulit untuk melarikan diri.

5. Kerjasama Tim adalah Segalanya

Sebagai seorang support, tentu saja kita membutuhkan kerjasama tim yang sangat bagus. Jadi akan lebih enak kalau kalian bermain bersama teman-teman kalian. Kami rekomendasikan kalian untuk minimal bermain trio gengs.

Rekan Menguntungkan Untuk Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Eudora via esportsnesia

Dengan skill-skill pasif dan CC-nya yang ngerepotin Tank musuh, cara menggunakan Carmilla paling cocok jika dipasangkan dengan Hero Mage yang bisa jadi Spammer seperti Eudora untuk membuat Tank musuh terbunuh dengan cepat.

Counter Merugikan Untuk Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Aurora via esports.id

Carmilla sangat lemah terhadap semua hero-hero assassin. Dia tidak memiliki skill dash atau blink sama sekali untuk membantunya kabur. Memang dia punya movement speed yang tinggi, tapi rata-rata hero assasssin itu lincah dan punya skill blink.

Carmilla juga sangat lemah ketika berhadapan dengan hero-hero yang punya kemampuan CC burst seperti Chou, Kaja, dan Aurora. Kita bisa saja langsung mati ketika terkena CC dari mereka dan dikombo dengan rekan setimnya.

Rekomendasi Build Carmilla

Hero Carmilla
sumber: Moonton/MLBB/Carmilla via Pinterest

Kami merekomendasikan build Hero Carmilla yang paling cocok dan memungkinkan untukmu meraih kemenangan. Berikut build item yang bisa kamu gunakan.

Wooden Mask. Jangan lupa untuk membeli item roam terlebih dahulu di awal permainan. Minimal kalian beli item dasarnya saja yaitu Wooden Mask. Item ini akan sangat membantu teman kalian untuk farming di lane maupun jungle. Dengan begitu hero carry kalian akan lebih cepat untuk mendapatkan gold dan level.

Warrior Boots. Carmilla memiliki range attack yang sangat pendek, dengan begitu dia akan lebih sering melakukan close combat. Dengan begitu item Warrior Boots sangat tepat digunakan oleh Carmilla. Selain untuk meningkatkan movement speed, item ini juga akan meningkatkan armor hingga 45 poin. Sangat cocok ketika kita berhadapan dengan hero-hero physical.

Jika di tim lawan banyak hero-hero Crowd Control dan magical, kami sarankan jangan pakai Warrior Boots, tapi pakai Tough Boots. Item ini akan memberikan kalian Magic Defense dan bisa mengurangi efek CC sebesar 40%. Gunakan item sepatu ini ketika melawan hero-hero CC seperti Chou, Kaja, dan Aurora.

Dominance Ice. Carmilla memiliki jarak serang yang pendek seperti hero-hero fighter, dengan begitu dia akan sering melakukan close combat. Dengan begitu, dia membutuhkan item Dominance Ice. Pasifnya sangat berguna untuk hero close combat seperti Carmilla.

Banyak status yang diberikan oleh Dominance Ice diantaranya adalah physical Defense (armor). Status ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh Carmilla supaya lebih kuat ketika berhadapa dengan hero-hero physical.

Item ini juga akan memberikan tambahan 10% cooldown reduction yang tentu saja sangat berguna untuk hero-hero yang sering spam skill seperti Carmilla. Dengan item ini Carmilla akan lebih mudah untuk spamming skill, sehinga akan sangat berguna untuk teamfight.

Dominance Ice ini termasuk item yang sangat efektif untuk menangkal hero-hero marksman dan fighter. Sebab item ini akan mengurangi critical chance dan attack speed lawan ketika berada di dekat mereka. Jadi tak ada salahnya untuk menggunakan item ini ketika menggunakan Carmilla.

Athena’s Shield. Item ini akan memberikan Magic Defense yang sangat tinggi, sehingga Carmilla akan cukup kuat ketika berhadapa dengan hero-hero mage. Selain itu Athena’s Shield juga akan memberikan tambahan HP yang tinggi, sehingga akan membuat Carmilla lebih durable.

Yang tak kalah penting dari Athena’s Shield ini adalah pasifnya, yaitu akan memberikan Shield kepada penggunanya. Shield ini akan aktif setiap 30 detik.

Kalian juga bisa mengganti item Athena’s Shield ini dengan Oracle, hanya saja magic defense yang akan kalian dapatkan tidak akan begitu besar. Tapi kalian akan mendapatkan regen HP yang tinggi dan cooldown reduction. Sehingga menggunakan item ini akan membuat kalian lebih sering spam skill.

Brute Force Breatplate. Item ini akan membuat physical defense dan HP Carmilla semakin tinggi. Tapi yang paling penting dari item ini adalah pasifnya karena bisa memberikan stack defense dan movement speed. Item ini akan membuat Carmilla bisa memiliki tambahan 15% ketika menggunakan skill ataupun basic attack.

Dengan begitu Carmilla akan memiliki movement speed yang tinggi karena dari setiap skillnya sendiri akan meningkatkan movement speed.

Wings of the Apocalypse Queen. Dengan menggunakan item sayap merah ini, kalian akan mendapatkan tambahan 10% Cooldown Reduction lagi. Tambahan HP juga akan meningkat sebesar 1000.

Tapi yang paling penting dari item ini adalah damage reduction. Carmilla akan lebih kuat ketika darahnya sekarat, selain itu regen HPnya akan meningkat secara drastis.

Immortality. Item yang terakhir adalah Immortality. Item ini akan membuat kalian immortal, yaitu bisa hidup kembali setelah mati. Dengan begitu kalian memiliki kesempatan untuk kabur ataupun counter attack.

Jika kalian ingin bermain defensif atau full support sebaiknya gunakan build item baris pertama. Jika ingin bermain sedikit agresif gunakan build item baris kedua. Di build item kedua kami masukkan item Lightning Truncheon yang berfungsi untuk damage area dan Ice Queen Wand untuk tambahan slow dan magic lifesteal.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell

Untuk Emblem kami menyarankan menggunakan Common Magic dengan tier I Awaken untuk Mana Regentier II Flow untuk Magic Power, dan talent utama Magic Power Surge. Kalian juga bisa menggunakan Custom Suport dengan tier I Mastery untuk Cooldown Reductiontier II Gift untuk Efek Healing, dan talent utama Put Your Self Together.

sumber: doc. fyine/ariowirawanharyono

Untuk Battle Spell sih fleksibel gengs. Kalian bisa menggunakan Flicker jika ingin bermain aman. Bisa juga pakai Vengeance untuk memantulkan damage yang diberikan musuh, atau juga bisa pakai Revitalize untuk regen HP.

Guide Pro Player

Penasaran gimana sih cara pemain pro mengoptimalkan penggunaan Carmilla? Nih fyine kasih guide videonya dari salah satu pemain pro Carmilla yakni Majinballs.

Nah itulah artikel guide Hero Carmilla yang wajib banget dipraktekkan supaya kamu makin jago. Yuk kapan-kapan mabar!

Baca guide Mobile Legends lainnya hanya di fyine!
Baca juga:  Deretan Senjata PUBG Tersakit 2020, Lumpuhkan Lawan Lebih Cepat!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

film komedi terbaik hollywood

5 Film Komedi Terbaik Hollywood yang Bikin Penonton Terpingkal

cara membuat cakwe

Mantap Dicocol Saus Pandan, Ini Resep Cakwe ala Thailand, Patongo!