in , ,

Guide Grock Mobile Legends, Hero Batu Yang Benar-Benar Keras!

Hero Tank ini punya keahlian yang berguna banget pas teamfight

sumber: Moonton/MLBB/Grock via mlbb.mobacompanion.com

Hero Grock Mobile Legends yang diciptaan oleh Moonton yang memiliki kemampuan bisa menciptkan tembok. Dia merupakan hero tank yang memiliki penampilan seperti batu. Karena itulah Grock memiliki durability yang sangat tinggi dan membuatnya sangat sulit untk dibunuh.

Hero Grock termasuk tank terkuat Mobile Legends dalam beberapa seasen terakhir ini. Dia menjadi hero yang paling efektif untuk selalu berada di barisan paling depan. Dia punya durability yang tinggi dan damage yang besar.

Dalam artikel guide ini fyine bakal bongkar tips bermain sebagai Grock secara efektif. Kuy simak artikelnya!

Profil

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Grock via mlbb.mobacompanion.com

Jauh di dalam pegunungan Land of Dawn, terdapat sebuah benteng kuno. Tidak ada yang tahu siapa pemilik benteng tersebut hingga sekarang. Banyak rumor beredar bahwa itu adalah tempat tinggal para ras legendaris yang pernah hidup di Land of Dawn. Ras tersebut bahkan dikabarkan lebih tua dari Land of Dawn sendiri.

Mereka memiliki persamaan dengan alam dan mampu membangun sebuah komunikasi juga ikatan yang dalam antara dirinya dengan alam, terutama para Stone Titans. Para raksasa ini memiliki tubuh berbatu yang tahan terhadap segala macam serangan fisik.

Namun karena kesamaannya dengan alam, mereka lebih banyak tidur dengan aman. Raksasa bertubuh batu ini juga lebih suka hibernasi dalam waktu yang lama karena mereka sulit untuk tidur kembali. Hingga suatu hari, Grock terbangun dan mendapatkan dirinya hanya seorang diri sebagai penjaga benteng yang telah lama hilang.

Grock akhirnya memutuskan untuk meninggalkan benteng tersebut dan pergi ke segala penjuru Land of Dawn untuk mencari siapa pemilik dari benteng kuno yang sudah lama ditinggalkan tersebut.

Kelebihan Hero Grock

Hero Grock

sumber: Moonton/MLBB/Grock via mlbb.mobacompanion.com

Damage Sangat Besar

Damage dari skill 1 Grock benar-benar besar, terutama di early game. Skill ultimate-nya juga akan menghasilkan damage yang mengerikan jika berhasil menyeruduk musuh di dekat tembo. Kedua skill ini cukup untuk memukul mundur musuh untuk kembali ke base di early game. Bahkan untuk hero-hero lembek sepeti assassin, mage, dan marksman bisa langsung mati gengs.

Punya Skill Immune

Menggunakan skill 1 di dekat tembok atau turret juga akan membuat Grock bisa immune terhadap semua jenis CC. Kemampuan inilh yang membuat Grock termasuk salah salah satu tank terbaik Mobile Legends di season 14.

Tank Sangat Keras

Semua tank tentu memiliki HP, armor, dan magic defense yang tinggi. Tapi durability Grock akan semakin tinggi lagi ketika dirinya berada di dekat tembok. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu berada di dekat tembok ketika teamfight supaya Grock semakin tanky.

Mobilitas Tinggi

Berkat kombinasi skill 1 dan pasifnya, Grock bisa melakukan roaming dengan sangat cepat. Sebab movement speed-nya juga akan meningkat 10% ketika dia berjalan di dekat tembok.

Bisa Isolasi Musuh

Grock juga memiliki kemampuan yang bisa mengisolasi salah satu musuh ketika teamfight, terutama hero carry. Skill keduanya bisa kita manfaatkan untuk mecegat musuh yang ingin kabur. Akan sangat efektif jika dikombinasikan dengan skill ultimate-nya.

Kelemahan Hero Grock

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Grock via mlbb.mobacompanion.com

Sangat Boros Mana

Penggunaan skill 1 hingga maksimal akan membuat mana Grock terkuras habis. Sementara skill harus kita spam di sepanjang permainan, termasuk early game. Hal ini tentu saja akan membaut kewalahan. Masalah ini bisa kita atasi dengan menggunakan emblem support, tapi durability Grock akan berkurang.

Skill 2 Bisa Blunder

Hero Grock bisa menjadi hero yang menimbulkan malapetaka bagi tim jika digunakan oleh player pemula. Misalnya ketika kita menggunakan skill 2 yang niatnya untuk nyelamatin tim kita, yang ada malah membuat mereka terkena ganking. Oleh sebab itulah skill ini jangan digunakan Auto Aim, kita harus mengarahkannya supaya tidak berujung blunder.

Cara Memainkan

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Grock via mlbb.mobacompanion.com

Early Game

Di awal permainan ambil skill 1 terlebih dahulu dan bantu teman kalian untuk clear minion. Akan tetapi berikan last hit kepada hero carry kita. Gunakan skill 1 dari dalam rumput untuk memberikan serangan kejutan dan arahkan kepada marksman atau mage musuh. Kemudian bantuk ambil buff dan kelomang.

Mid Game

Di fase ini Hero Grock harus selalu roaming dari satu lane ke lane yang lainnya. Jangan lupa juga untuk open map untuk mengetahui keberadaan musuh. Tugas yang paling penting adalah melindungi hero carry supaya tidak sering mati.

Late Game

Tugas kalian di fase ini adalah menjaga hero carry tim atau menekan hero carry tim musuh supaya tidak memberikan damage pada hero carry tim kalian. Gunakan kombinasi skil 1 dan pasif supaya bisa immune terhadap CC dan lebih tanky.

Spam Skill 1

Skill utama Grock adalah skill 1 karena bisa memberikan damage yang sangat besar. Ketika ingin menyerang, tekan skill ini dari dalam rumput kemudian lepaskan kepada hero carry tim musuh atau pada target yang memiliki darah tipis.

Selalu Nempel di Turret dan Dinding

Ketika akan memulai teamfight, usahakan untuk memancing tim musuh ke dekat tembok supaya Grock menjadi sangat sulit untuk dibunuh. Gunakan skill 1 di dekat tembok supaya bisa immune terhadap semua jenis CC.

Rekan Menguntungkan Untuk Hero Grock

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Ling via mlbb.mobacompanion.com

Hero Grock sangat bagus digkombinasikan dengan hampir semua hero. Akan tetapi akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan Fanny, Ling, Moskov dan Badang. Sebab semua hero tersebut memanfaatkan dinding untuk mengeluarkan skillnya.

Counter Hero Grock

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Dyrroth via jurnalapps

Hero Grock sangat lemah pada hero-hero yang memiliki physical dan magical penetration yang tinggi. Diantaranya adalah Karrie, Lunox dan Dyrroth. Di late game, Grock juga harus hati-hati jika berhadapan dengan marksman dan fighter.

Rekomendasi Build Item Grock

Hero Grock
sumber: doc. fyine/ariowirawanharyono

Build item Hero Grock yang menurut kami paling cocok adalah lebih fokus kepada defense. Tapi tak salah juga jika kalian ingin menggunakan beberapa item attack untuk memaksimalkan damage dari skill satunya. Berikut ini adalah build item Grock Mobile Legends versi kami!

Rapid Boots. Untuk sepatu sebenarnya bebas gengs. Tapi kami lebih menyarankan untuk mengunakan Rapid Boots supaya movement speed Grock semakin maksimal. Menggunakan skill 1 di dekat tembok atau turret akan membuat movement speed Grock menjadi lebih besar, apalagi jika menggunakan Rapid Boots. Dengan item ini Grock juga akan lebih cepat untuk roaming.

Oracle. Item ini berfungsi untuk memaksimalkan skill pasif dari Grock. Item Oracle ini akan meningkatkan shield dan HP Regen sebesar 25%. Dengan begitu, regen HP Grock ketika berada di dekat tembok atau turret akan meningkat.

Selain itu, Oracle juga akan meningkatkan 850 HP dan 42 Magic Defense yang akan membuat Grock semakin tanky. Tambahan 10% cooldown reduction-nya juga akan membuat Grock akan lebih sering spam skill, terutama skill ultimate-nya.

Immortality. Item ini akan membuat Grock seperti memiliki dua nyawa gengs. Sebab setelah mati, dua detik kemudian dia akan kembali hidup dengan HP dan shield yang cukup membantu dirinya untuk kabur ataupun melakukan counter attack. Item ini juga akan memberikan tambahan 800 HP yang akan membuat Grock semakin tebal. Tambahan armornya juga akan membuatnya bisa menjadi lebih kuat ketika berhadapan dengan hero-hero physical di late game.

Queen’s Wings. Item ini berfungsi untuk damage reduction. Grock akan mendapatkan 50% damage reduction ketika darahnya di bawah 40%. Dengan begitu, semakin sekarat malah akan membuat Grock semakin barbar. Tapi cooldown dari pasif ini sangat lama, jadi tidak bisa digunakan di sepanjang waktu.

Queen’s Wings juga akan meningkatkan physical attack yang akan membuat damage dari Grock menjadi lebih besar. HP Grock juga akan semakin tebal karena item ini memberikan 1000 HP. Tambahan cooldown reductionnya juga akan membuat Grock bisa lebih sering spam skill.

Antique Cuirass. Item ini berfungsi untuk mengruangi physical dan magic attack lawan hingga 18%. Item ini sangat bagus digunakan untuk melawan hero-hero physical ataupun magical. Item ini juga akan memberikan tambahan HP dan physical defense yang akan membuat Grock semakin barbar.

Dominance Ice. Item ini sangat cocok digunakan ketika melawan hero-hero yang memiliki attack speed tinggi seperti marksman dan fighter. Sebab attack speed mereka akan berkurang 30% ketika berada dekat dengan pengguna item ini. Selain itu, movement speed-nya juga akan berkurang 10%.

Tambahan armor dari item ini juga tinggi, meskipun tidak setinggi Blade Armor. Dengan begitu sangat bagus untuk melawan hero-hero physical. Selain itu, item ini juga akan mengurangi critical chance reduction yang akan membuat lawan akan lebih jarang mengeluarkan critical damage.

Sky Guardian Helmet. Item ini akan membuat HP Grock semakin tebal karena ditambah 1550 HP. Kemudian regen HP dari item ini sangat tinggi, sehingga Grock tidak perlu kembali ke base untuk mengisi HP. Kombinasi Oracle dan Sky Guardian Helmet dan pasif Grock akan membuatnya memiliki regen HP sangat tinggi.

Hero Grock

Athena’s Shield. Selain Oracle, kalian juga bisa menggunakan Athena’s Shield yang memiliki magical lifesteal paling tinggi diantara item lainnya. Pasif dari item ini sangat berguna karena akan memberikan shield yang bisa menyerap damage. Semakin lama bermain, shield akan semakin tebal. Shield akan muncul setiap 30 detik.

Hero Grock

Bloodlust Axe. Jika kalian ingin bermain sedikit lebih agresif, kalian bisa menggunakan item Bloodlust Axe. Item ini akan membuat Grock jarang balik ke base karena memberikan tambahan spell vamp. Menggunakan skill 1 ke lawan atau minion akan membuat HP Grock kembali terisi.

Tips build item: build item yang paling ideal adalah build baris kedua. Jika ingin bermain lebih agresif dan memiliki attack yang tinggi gunaan build item baris pertama. Jika ingin bermain lebih agresif dengan cara dive ke turret, gunakan build baris ketiga. Tapi semuanya kembali lagi kepada preferensi kalian masing-masing.

Rekomendasi Emblem & Spell

Untuk emblem kalian bisa menggunakan Custom Tank Emblem. Akan tetapi kelemahan dari emblem ini yaitu kalian akan keborosan mana. Sebagai alternatifnya kalian bisa menggunakan Custom Support Emblem. Tapi durability kalian akan menjadi berkurang. Susunan talentnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah.

Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Grock via TeknoGeng
Hero Grock
sumber: Moonton/MLBB/Emblem Support via TeknoGeng

Untuk battle spell kalian bebas memilih. Kalian bisa menggunakan Aegis, Flicker ataupun Execute. Tapi penulis lebih sering menggunakan Execute karena sangat bagus untuk finishing.

Hero Grock
sumber: doc. fyine/ariowirawanharyono

Guide Pro Player

Gimana ya cara pemain Top 1 Global mengoptimalkan penggunaan Grock? Nih fyine kasih guide videonya dari pemain Top 1 Global Grock yakni DONUT.

Nah itulah artikel guide Hero Grock yang bisa kamu praktekkan untuk jadi Tank terbaik. Kapan nihhh kita mabar?

Baca guide Mobile Legends lainnya hanya di fyine!

Baca juga:  5 Game MOBA Android Ringan untuk Kamu si Hape Kentang

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

sinopsis double patty

Sinopsis Film Layar Lebar Perdana Irene Red Velvet – Double Patty!

sinopsis cinderella 2021

Sinopsis Cinderella 2021, Film Debut Akting Camila Cabello