in ,

Cara Steam Refund Game Kalian, Daripada Menyesal Kemudian

Kalo gak bisa dimainin gamenya, ya dibalikin aja~

source: edit pribadi

Pasti sudah banyak dari kita yang menggunakan Steam untuk main khususnya di PC. PS4 dan PS5 pun sekarang sudah terintegrasi dengan Steam sebagai platform untuk memudahkan pemainnya melakukan pembelian dan meng-install game di konsol mereka.

Tapi ada kalanya game, khususnya game PC, yang kita beli gak cocok dengan ekspektasi kita. Berharap gamenya bisa dimainkan di PC kita, eh malah speknya ketinggian, atau filesize-nya kegedean. Huft, gak jadi deh pamer game baru ke temen kita!

Untuk mengurangi rasa kecewamu, kamu bisa manfaatkan fitur yang ada di Steam PC yaitu Refund. Steam refund PC adalah fitur untuk ‘menjual’ kembali game yang ada di Library kalian dan mendapatkan uang kalian kembali secara penuh. Fitur ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu, dan sudah dimanfaatkan banyak pemain hingga saat ini.

Fyine kasih cara untuk refund game kalian di Steam PC yang bisa dipraktekkan berikut ini.

Membuka Steam Support

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk steam refund adalah mengakses layanan Steam Help Account yang ada di Steam Support. Untuk mengakses Steam Support, klik menu Help di sudut kiri atas tampilan interface Steam.

steam refund

Cari Game Yang Mau Di-Refund

Setelah itu kamu akan beralih ke tampilan dalam menu Help dengan list game-game yang kamu beli/miliki baru-baru ini di Recent Products.

steam refund

Kalau ternyata game yang ingin kamu refund tidak ada di list tersebut, kamu bisa klik menu Purchases untuk ke tampilan berikutnya.

Pilih View Complete Purchasing History untuk lihat detail pembelian game-game yang sudah kamu lakukan.

steam refund

steam refund

Proses Refund

Pilih game yang ingin kalian refund, di tampilan berikutnya pilih I would like a refund.

 

 

Kemudian pilih I’d like to request a refund.

Kalian akan diminta untuk mengisi keterangan di kolom Notes dan memilih alasan kalian refund game tersebut.

steam refund

Setelah prosesnya selesai, biasanya kalian akan langsung mendapatkan email konfirmasi mengenai refund kalian atau paling lama 1×24 jam hari kerja.

Dana refund yang kalian terima akan ditransfer sesuai dengan metode pembelian game yang kalian pergunakan. Misal kalian pakai Steam Wallet maka dana refund akan masuk ke Wallet, jika menggunakan kartu Debit maka akan dikembalikan ke rekening walaupun prosesnya lebih lama. Jika pakai kartu kredit, maka limit kredit kalian akan dikembalikan seperti semula.

Tapi ingat, tidak semua game bisa kamu refund. Ada beberapa syarat untuk game yang bisa di-refund, seperti:

Jangka Waktu

Game yang bisa di-refund oleh steam refund adalah game yang baru dibeli maksimal 14 hari, kalau lebih dari itu, maap maap aja nih…

Game Hanya Boleh Dimainkan Maksimal 2 Jam

Beneran nih! Kalau kamu sudah main game itu lebih dari 2 jam, walau cuma beda 5 menit, tetap aja gak bakal bisa kamu refund.

Sudah Melakukan In Game Purchase

Mau refund, eh udah beli item dalam game, apakah bisa? Ya! Jawabannya bisa.

Kamu tetap bisa me-refund gamenya walaupun kamu sudah melakukan transaksi in-game, asal kamu belum pakai, transfer, atau modif item tersebut.

Lalu gimana kalau gak jadi refund?

Tenang, kamu bisa kembali ke menu sama (Help > Steam Support), cari game yang gak jadi di-refund, lalu pilih Cancel refund request. Buruan kalau mau batalin refund, soalnya proses refund biasanya lamaaaa!

Nah itu dia cara refund game Steam di PC. Gampang kan?

Baca juga:  Kenali Hantu game Phasmophobia Sebelum Mau Uji Nyali di Phasmophobia.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Cheat PUBG Mobile 2020, Bikin Auto Chicken Dinner!

film iko uwais

Deretan Film Iko Uwais Dari yang Terbaik hingga Paling Baru