in ,

Apa Benar Belajar Alur Cerita Assassin Creed Bikin Pinter Sejarah?

Gak cuma full action, Assassin’s Creed Series juga ceritanya penuh intrik!

sumber: Ubisoft/Assassins Creed IV Black Flag/Poster via Eurogamer

Alur cerita Assassin Creed wajib untuk disimak. Bagaimana tidak game ini adalah salah satu serial game yang secara konsisten menghadirkan alur cerita yang menarik, penuh intrik, dan sarat nilai-nilai sejarah adalah serial Assassin’s Creed dari Ubisoft. Alur cerita Assassin Creed berbeda-beda di tiap gamenya, dan itu yang jadi kekuatan utama seri ini.

Kalo dinilai dari segi gameplay, antara satu ke satu game lainnya Assassin’s Creed rasa-rasanya gak banyak perubahan dan cenderung repetitif. Makanya, storyline lah yang menjadi kunci dalam menjual game ini ke publik.

Kelemahan dari segi gameplay berhasil ditutup oleh Ubisoft secara cerdas dan apik dengan mengemas tema sejarah yang diangkat menjadi menyenangkan untuk disimak dan dimainkan.

Fyine udah merangkum beberapa latar sejarah yang ada di serial Assassin’s Creed, cekidot!

Peristiwa Sejarah dalam Assassin’s Creed

Assassin’s Creed I

Alur Cerita Assassin Creed
sumber: Ubisoft/Assassins Creed I/Screenshot via megagames.com

Alur cerita Assassin Creed yang menarik yang pertama adalah  game pertama dari serial ini menceritakan seorang Assassin bernama Altair Ibn La-Ahhad dalam situasi Perang Salib Ketiga. Sejarah asli menyebutkan dalam peristiwa perang ini muncul pertama kali kelompok pengikut Hassan Ibn’ Sabbah bernama Hasyasyin, yang merupakan kelompok pembunuh bayaran di masa itu.

Assassin’s Creed II

Alur cerita Assassin Creed

sumber: Ubisoft/Assassins Creed II/Screenshot via windowscentral.com

Alur cerita Assassin Creed yang selanjutnya berpindah ke benua Eropa, tepatnya di daratan Itali saat seorang bangsawan Florence bernama Ezio Auditore (yang juga seorang Assassin) di zaman kegelapan saat otoritas agama (gereja) lebih tinggi kedudukannya dari negara. Di game ini Ezio bertujuan membalaskan dendam keluarganya.

Assassin’s Creed Brotherhood

Alur cerita Assassin Creed
sumber: Ubisoft/Assassins Creed Brotherhood/Screenshot via The Sociable

Masih dalam cerita Ezio, dalam alur cerita Assassin Creed kali ini Ezio mencoba menghancurkan tatanan tirani kelompok religius gereja katolik di Roma. Tatanan ini dikepalai seorang Rodrigo Borgia, atau Rodrigo de Borja, tokoh nyata terkenal yang menjalankan gereja secara kontroversial di zaman kegelapan.

Assassin’s Creed Revelations

Alur cerita Assassin Creed
sumber: Ubisoft/Assassins Creed Revelations/Screenshot via vgfaq.com

Setelah memegang titel Master of Assassins, Ezio menjalankan misi utamanya sebagai Assassin yakni mencari sumber utama kepercayaannya. Dia pun pergi ke Masyaf (sebuah kota di negara Syria/Suriah) untuk menggali memori dan sejarah kaumnya di zaman kekaisaran Ottoman.

Assassin’s Creed III

sumber: Ubisoft/Assassins Creed III/Screenshot via GameSpot

Dalam game ini kita akan bermain sebagai seorang Assassin dari suku Indian bernama Ratohnhakéton. Latar belakang sejarah di cerita ini adalah seputar pembantaian massal etnis Indian di awal pembentukan negara Amerika atau Revolusi Amerika, bahkan sempat membantu George Washington dalam memimpin Pasukan Patriot.

Assassin’s Creed IV : Blackflag

sumber: Ubisoft/Assassins Creed IV Black Flag/Screenshot via IGN

Elemen perang di laut menjadi salah satu hal yang menarik perhatian di Assassin’s Creed III, dan dibawa dalam seri selanjutnya bernama Assassin’s Creed IV: Blackflag. Alur cerita Assassin Creed Black Flag ini berlatar di abad ke-18 saat era bajak laut.

Kita bermain sebagai seorang Edward Kenway, bajak laut dari Karibia, yang berhadapan dengan konspirasi ordo Templar di gereja dalam memanipulasi imperium Inggris, Spanyol, dan Perancis.

Assassin’s Creed Rogue

sumber: Ubisoft/Assassins Creed Rogue/Screenshot via vgfaq.com

Alur cerita Assassin Creed Rogue bermula saat tokohmu, Shay Patrick Cormac, yang merupakan seorang Assassin berkhianat ke pihak Templar saat berselisih dalam Perang Tujuh Tahun dimulai dari tahun 1756 hingga 1763. Saat itu negara-negara besar berseteru seperti Britania Raya, Perancis, Spanyol, Prussia (Jerman), kekaisaran Romawi Suci, serta Austria.

Assassin’s Creed Unity

sumber: Ubisoft/Assassins Creed Unity/Screenshot via mspoweruser.com

Perancis terkenal dengan masyarakatnya yang sangat kritis akibat pengaruh dan perkembangan pesat di bidang filsafat dan politik. Alur cerita Assassin Creed Unity akan berputar di cerita Arno Dorian, seorang Assassin, di malam Revolusi Perancis tahun 1789. Arno dan teman-temannya akan menggulingkan tatanan feodalisme, aristokrasi, dan monarki absolut pemerintahan Perancis saat itu menjadi tatanan radikal sayap kiri.

Assassin’s Creed Syndicate

sumber: Ubisoft/Assassins Creed Syndicate/Screenshot via gosunoob.com

Cerita seri AC satu ini berlatar belakang awal revolusi industri di Inggris yang mengakibatkan adanya penindasan kelas pekerja di era pemerintahan Ratu Victoria. Sepasang saudara kembar Assassin, Jacob dan Evie Fyre, bekerja sama dengan sindikat kriminal, sastrawan, dan kaum intelektual London untuk melawan tatanan pemerintahan tersebut.

Dalam game ini beberapa tokoh sejarah nyata muncul sebut saja Karl Marx, Alexander Graham Bell, Charles Darwin, dan Charles Dickens.

Assassin’s Creed Origins

sumber: Ubisoft/Assassins Creed Origins/Screenshot via usgamer

Game ini berlatar di kerajaan Ptolemaic di Mesir setelah penaklukan oleh Alexander The Great. Seorang Medjay, istilah yang diberikan untuk satuan militer elit Mesir, bernama Bayek berjuang melindungi masyarakatnya, dan dalam prosesnya menciptakan ordo rahasia Assassin. Game ini menyajikan asal muasal pembentukan ordo Assassin dan konflik dengan kaum Templar.

Selain seri Assassin’s Creed di atas, masih ada satu lagi Assassin’s Creed Odyssey yang mengambil latar belakang sejarah Romawi, dan yang terbaru Valhalla yang berlatar belakang sejarah kaum Viking.

Itulah game-game Assassin’s Creed yang penuh dengan unsur cerita sejarah di kehidupan nyata. Dari semua game Assassin’s Creed itu, mana yang menurutmu paling seru?

Daripada bengong, yuk baca artikel game selanjutnya hanya di Fyine!

Baca juga:  7 Hero Meta Mobile Legends Terbaik untuk Push Rank yang Paling Update

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Jenis Genre Anime ini Harus Kamu Ketahui Artinya. Mana Favoritmu?

cara membuat puding butterscotch

Resep Puding Butterscotch yang Bertekstur Lembut dengan Rasa Legit!