in

Agar Kantong Tak Cepat Tipis, Ini Cara Menghemat Uang

Kantong cepat menipis? Menghemat uang memang susah susah gampang, karena keteguhan kita diuji. Berikut tips cara menghemat uang untuk membantu Anda.

Ketika saat ini anda sering mengalami bokek ketika di akhir bulan, bingung cara menghemat uang yang tepat? Maka anda harus memeriksa kembali semua pengeluaran anda selama 1 bulan. Apabila mau meminta kepada orang tua pastinya sangat malu dan menunggu gajian juga masih lama. Kita ketahui bersama kalau kebutuhan hidup itu sangat banyak. Ketika anda mampu mengatur keuangan maka tidak akan lagi merasakan kehabisan uang di akhir bulan.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara menghemat uang agar bisa bertahan di akhir bulan.

Membuat daftar keuangan dan membatasi pengeluaran

Cara menghemat uang
Foto: Pexels

Ketika anda diajak teman untuk keluar maka silahkan batasi pengeluaran. Anda bisa membuat daftar belanja selama 1 bulan. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir kekurangan budget. Ketika tidak memiliki daftar belanja maka dapat dipastikan anda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Berhati-hati dengan pengeluaran kecil

Cara menghemat uang
Foto: Pexels

Jajan murah, biaya parkir, banyak diskonan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anda bokek di akhir bulan. Caranya silahkan membuat daftar belanja berdasarkan prioritas.

Menyisakan uang di awal bukan di akhir bulan

Cara menghemat uang
Foto: Pexels

Nah membuat daftar pengeluaran bulanan sudah, maka langkah selanjutnya adalah menyisihkan uang untuk di tabung. Anda bisa menyisikan 25% dari penghasilan anda untuk ditabung. Hal ini akan melatih anda komitmen dalam menggunakan uang.

Menghindari hutang

Menghindari hutang
Foto: Unsplash

Alangkah lebih baiknya apabila anda menghindari yang namanya hutang. Silahkan pikirkan dengan matang ketika anda ingin membeli barang secara kredit. Berbeda lagi ketika ingin membeli sesuatu yang sangat penting seperti membeli kendaraan atau rumah.

Cari pendapatan tambahan

Cari pendapatan tambahan
Foto: Pexels

Ketika kondisi keuangan memang sangat memprihatinkan maka anda bisa mencoba untuk mencari uang tambahan. Selain itu anda bisa mencoba untuk melakukan perputaran uang yang dirasa sangat produktif dan menguntungkan.

Lebih hemat pulsa dan internet

Lebih hemat pulsa dan internet
Foto: Pexels

Pengeluaran masa kini menjadi salah satu faktor yang mampu menipiskan kantong anda. Di era saat ini kebutuhan akan internet sangat tinggi. Alangkah baiknya kalau anda memiliki target sehingga lebih irit.

Jeli melihat diskon

Jeli melihat diskon
Foto: Pexels

Bagi anda yang suka berbelanja, maka anda bisa memanfaatkan dengan adanya promo dan diskon. Maka dari itu silahkan berburu diskon yang biasanya akan diberikan pada awal bulan. Ketika barang yang akan anda beli sudah diberikan diskon, namun tidak bisa membelinya. Lebih baik anda menundanya saja.

Membeli barang bekas

Membeli barang bekas
Foto: Pexels

Ketika promo dan diskon tidak bisa anda beli maka anda bisa memanfaatkan toko barang bekas. Saat ini banyak sekali usaha yang menjual baju-baju jaman dahulu jadi anda bisa memilihnya.

Lebih irit uang makan

Lebih irit uang makan
Foto: Pexels

Makan merupakan salah satu pengeluaran yang paling banyak sehingga mampu membuat dompetmu menipis. Cara menghemat uang yaitu dengan makan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tidak sakit.

Menyisakan uang untuk berinvestasi

Menyisakan uang untuk berinvestasi
Foto: Pexels

Ketika kondisi keuangan sudah membaik maka maka silahkan mencoba untuk berinvestasi. Untuk investasi anda bisa menggunakan emas.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghemat uang untuk biaya akhir bulan. Semoga dengan adanya penjelasan ini  bisa membantu anda mengatasi permasalahan menghemat uang.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Berapa persen sebenarnya Anda bisa mendapat pasangan

film malaysia terbaik

Tak Kalah dengan Film Tanah Air, Ini 5 Film Malaysia Terbaik.