in

Daftar Negatif Investasi, Point Penting yang Harus Dipahami Investor Asing

Daftar Negatif Investasi (DNI) sangat penting dipahami oleh para investor asing. Untuk itu FYINE telah merangkumkan DNI di Indonesia untuk anda.

daftar negatif investasi

Dengan adanya pasar persaingan bebas (MEA), Indonesia secara tidak langsung menjadi lahan “bercocok tanam” bagi para investor asing. Kebanyakan perusahaan asing yang berminat mendirikan cabangnya di wilayah Indonesia berasal dari Tiongkok dan Korea. Untuk itu, penting bagi mereka memahami Daftar Negatif Investasi (DNI) di Indonesia.

Pabrik
Foto: Unsplash

Daftar Negatif Investasi sendiri adalah sebuah produk hukum di Indonesia yang diciptakan untuk memberikan rasa aman pada investor asing. Produk hukum ini akan memperjelas pilihan bidang usaha yang aman di negara kita. Dengan adanya DNI, para investor asing akan tahu berbagai peraturan yang harus dipatuhi ketika akan mendirikan perusahaannya di wilayah Indonesia. Lalu, apa saja DNI dan apa saja bidangnya? Berikut adalah penjelasannya:

Apa itu Daftar Negatif Investasi dan apa saja bidangnya?

Daftar Negatif Investasi
Sumber: Tech in Asia Indonesia

Aturan mengenai DNI sudah dicantumkan oleh pemerintah pada Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2016. Aturan ini berisikan bidang usaha yang tertutup maupun terbuka dengan persyaratan tertentu di bidang penanaman modal. Persyaratan tersebut berbunyi bahwa penanam modal harus mengetahui bidang yang dipilihnya sebelum melakukan investasi.

Aturan ini juga berisi mengenai pengetahuan tentang penanaman modal dan juga keadaan apa yang akan terjadi bila terjadi perubahan kepemilikan modal usaha. Peraturan Presiden ini secara tidak langsung menertibkan para pemilik usaha agar tidak main-main dengan dana dari investor.

Adanya Daftar negatif Investasi ini juga memberikan ruang kepada para investor untuk melebarkan sayap investasi ke berbagai perusahaan yang Indonesia. Ditambah dengan adanya pasar persaingan bebas yang akan memposisikan Indonesia sebagai salah satu ladang investasi bagi perusahaan asing.

Ada tiga bidang yang termasuk dalam Daftar Negatif Investasi, diantaranya adalah :

  1. Bidang usaha dengan sifat terbuka, contoh dari bidang usaha ini adalah perkebunan teh, perkebunan jagung, dan lain sebagainya.
  2. Bidang usaha dengan sifat terbuka disertai persyaratan, contoh dari bidang usaha jenis ini adalah perkebunan tembakau.
  3. Bidang usaha dengan sifat tertutup (terlarang), biasanya yang termasuk dalam contoh bidang usaha jenis ini adalah perkebunan ganja dan marijuana.
Baca juga:  20 Cara Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Mulai dari Nol

Dengan adanya Daftar Negatif Investasi, pemerintah negara Indonesia sudah melindungi keberadaan ekonomi Indonesia. DNI berfungsi seperti rambu-rambu lalulintas yang harus dipatuhi oleh semua pengguna jalan. DNI sebagai pemberi lampu hijau kepada para investor asing untuk mendirikan perusahaan di Indonesia, namun di sisi lain DNI juga memberi lampu merah bagi mereka yang ingin mendirikan perusahaan yang memproduksi barang terlarang.

Dengan adanya DNI, diharapkan dunia perekonomian Indonesia semakin maju dan berkembang berkat adanya perusahaan asing yang menjalankan kegiatannya di dalam negara Indonesia. Selain itu, kita juga harus bersyukur karena dengan adanya DNI, kegiatan perekonomian tersebut juga berjalan terkendali, tanpa adanya satu pihak pun yang berusaha melanggar kebijakan hukum tersebut di Indonesia.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

cara membuat npwp

Cara Membuat NPWP Ternyata Mudah, Ini Langkahnya

permasalahan ekonomi indonesia

Permasalahan Ekonomi di Indonesia yang Membuat Susah Maju