in ,

20 Cara Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Mulai dari Nol

Menjadi pengusaha memang bukan hal yang mudah, untuk memperoleh kesuksesan tetap ada tips jitunya. Berikut cara jitu untuk menjadi pengusaha sukses.

Menjadi seorang pengusaha merupakan cita-cita banyak orang. Bisa memiliki waktu luang, tidak diatur-atur oleh orang lain, dan bekerja menurut sistem yang dikehendaki kita sendiri. Menjadi pengusaha walau harus melalui sepak terjang yang kejam, juga akan membuahkan hasil yang sepadan dengan kerja keras kita tersebut.

Tips jitu menjadi pengusaha sukses

Oleh karena menjadi pengusaha tidak semudah yang dibayangkan, maka seseorang harus terjun sendiri ke dalam dunia bisnis untuk dapat merintis bisnisnya. Berikut ini kami bocorkan beberapa cara jitu agar anda bisaa sukses menjadi pengusaha yang berhasil:

Membidik bidang bisnis yang ingin dituju

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Sebagai seorang calon pebisnis sukses, anda harus terlebih dahulu menetapkan visi bisnis anda kedepannya. Seorang pebisnis harus bisa dengan jelas mengetahui bidang bisnis apa yang akan diambilnya, apakah itu usaha dagang, usaha jasa, maupun usaha industri. Perencanaan bidang bisnis yang akan diambil ini juga akan mempengaruhi planning bisnis yang akan ditetapkan.

Merencanakan tahap-tahap dalam membangun bisnis

cara menjadi pengusaha sukses

})(jQuery);

Foto: Unsplash

Apabila anda optimis menjadi seorang pebisnis sukses, anda harusnya mampu menyusun tahap-tahap perencanaan yang diperlukan agar bisnis anda berkembang dengan pesat. Perlu sebuah strategi yang benar-benar mumpuni agar bisnismu bisa mencapai posisi market leader. Apabila bisnismu telah mencapai tahap itu, barulah kamu bisa dibilang sebagai pengusaha yang benar-benar sukses.

Melakukan realisasi terhadap ide bisnis

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Sebuah ide bisnis yang benar-benar bagus adalah ide yang telah terealisasi. Apabila ide bisnismu hanya berakhir di imajinasi, itu berarti ide yang kamu miliki tidak berguna dan percuma. Sebagai seorang calon pengusaha sukses, kamu harus berani merealisasi ide bisnis dan kemudian mengeksekusi ide tersebut.

Menjadi pribadi yang kerja keras

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Salah satu watak yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kerja keras. Apabila kamu adalah seseorang yang berbakat dalam menjalankan bisnis namun tidak memiliki sifat pekerja keras, bisa jadi bisnismu akan terbengkalai. Hal tersebut akan merugikan banyak pihak baik dirimu, keluargamu, dan mitra-mitra bisnismu.

Menjadi pribadi yang tekun

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Apa perbedaan dari menjadi pribadi pekerja keras dengna pribadi yang tekun? Menjadi pribadi yang tekun artinya mampu menjaga konsistensi kerja keras dari awal pembangunan usaha hingga seterusnya. Apabila kamu bekerja keras di awal tahap pendirian usaha namun tidak mempertahankan frekuensi kerja keras tersebut, anda tidak akan menjadi pengusaha yang sukses.

Menjadi pribadi yang tidak cepat puas

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Apabila anda memang berniat menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya anda perlu mengerti bahwa dibutuhkan sifat tidak cepat puas dalam mencapai niat anda tersebut. seorang pengusaha yang cepat puas pastinya memiliki bidang usaha yang tidak berkembang. Sdan akibatnya, usaha yang ia jalankan akan kalah dengan mereka yang selalu berimprovisasi terkait usaha bisnis mereka.

Selalu mengeksplorasi diri

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Sifat yang satu ini masih terkait dengan pribadi yang tidak cepat puas. Dengan menjadi pribadi yang semacam itu, seseorang akan senantiasa mengembangkan dirinya dan kemudian merambah bidang yang seebelumnya belum ia kuasai.

Menjadi pribadi yang tanggap

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Seorang pengusaha sukses harus mengaktifkan semua indranya dalam menjalankan bisnisnya. Ia harus cepat tanggap akan perubahan yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan.seorang yang cepat tanggap pasti akan selalu bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada di sekitarnya.

Menjadi pribadi yang gesit

cara menjadi pengusaha sukses
Foto: Unsplash

Seorang pengusaha yang gesit dan cepat tanggap merupakan ciri-ciri pebisnis yang tidak tertandingi. Mereka akan selalu tanggap terhadap perubahan dan gesit mencari celah untuk mencari keuntungan lewat bisnis yang ia jalankan. Seorang pebisnis yang demikian tidak akan ketinggalan jaman dan selalu berusaha memperbarui sistem usahanya.

Melakukan bisnis karena passion

Passion
Foto: Unsplash

Anda pasti pernah menemui beberapa pengusaha yang memilih biddang usahanya berdasarkan hobi atau minatnya. Bisa juga pembilihan bidang tersebut dilatarbelakangi oleh passion atau ketertarikannya pada bidang tersebut. Temukan passion anda dan lalu pikirkan bagaimana anda bisa menarik keuntungan dari bisnis anda tersebut. Dengan demikian bisnis yang anda jalankan tidak semata mencari keuntungan, melainkan juga mencari kepuasan batin.

Jadilah pribadi yang berani mengambil resiko

resiko
Foto: Unsplash

Sebagai pengusaha, anda akan dituntut untuk berani mengambil resiko. Anda tidak bisa hanya diam di zona nyaman sambil berharap bisnis anda akan mendatangkan keuntungan yang besar. Tentu saja keuntungan yang besar tersebut hanya bisa didapat melalui resiko yang besar juga.

Jadilah pribadi yang percaya diri

percaya diri
Foto: Unsplash

Seorang pengusaha sukses haruslah memiliki percaya diri yang tinggi. Tanpa sifat yang satu ini, maka seorang pengusaha tidak akan bisa berhadapan dengan orang lain untuk mengembangkan bisnisnya.

Jadilah pribadi yang mudah bersosialisasi

negosiasi
Foto: Unsplash

Menjadi seorang pengusaha akan menuntut anda mengembangkan kepribadian. Jangan menjadi pengusaha yang sempit pikiran dan tidak mau bersosialisasi. Karena hal itu akan menyulitkan anda sendiri di masa depan.

Perbanyak relasi

Kolega
Foto: Unsplash

Selain itu, cara menjadi pengusaha sukses yang lain adalah memperbanyak relasi. Relasi inilah yang bisa membantu anda di waktu anda membutuhkan bantuan.

Jangan boros waktu

waktu
Foto: Unsplash

Seorang pengusaha sukses tidak akan mungkin sempat menghabiskan waktunya ke dalam hal-hal yang tidak berguna, karena bagi mereka waktu adalah uang.

Bukukan keuangan secara teratur

pembukuan
Foto: Unsplash

Pemasukan dan pengeluaran yang menjadi kegiatan perusahaan hendaknya dicatat walaupun sekecil apapun itu. Dengan ini keuangan perusahaan akan menjadi efektif dan efisien.

Tentukan target pasar yang dituju

membidik
Foto: Unsplash

Setelah menyusun rencana bisnis, tentukan target pasar yang akan anda sasar agar biaya yang dikeluarkan perusahaan menjadi efisien.

Lakukan customer service yang memuaskan

customer service
Foto: Unsplash

Cara lain yang bisa anda lakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses adalah memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan. Perlakukan pelanggan seperti raja.

Lakukan melebihi target

melebihi target
Foto: Unsplash

Setiap target yang anda lakukan pastilah melebihi konsekuensi. Agar anda bisa menjadi pengusaha sukses, cobalah untuk melakukan sesuatu melebihi apa yang telah anda rencanakan.

Jangan sombong dan selalu bersyukur

bersyukur
Foto: Unsplash

Hal yang paling penting adalah bersyukur. Anda harus ingat bahwa pencapaian yang telah anda raih adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu anda tidak boleh sombong dan hendaknya selalu bersyukur karena sewaktu-waktu Tuhan bisa mengambil itu semua kembali. Lakukan hal-hal diatas secara bertahap dan konsisten. Sehingga perlahan-lahan anda bisa menjadi pengusaha yang tidak hanya sukses namun juga memiliki kepribadian yang tangguh

Baca juga:  7 Artis yang Pindah Agama dan Mengganti Namanya

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Cobalah Resep Terang Bulan Mini Kekinian yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Dijamin Lebih Sehat, Ini Resep Kuah Bakso Sapi Tanpa MSG