in

Cara Membuat NPWP Ternyata Mudah, Ini Langkahnya

Bagi anda yang sudah berpenghasilan, memiliki NPWP adalah sebuah kewajiban. Untuk itu, FYINE merangkum cara membuat NPWP. Ternyata tidak sulit, loh.

cara membuat npwp

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP ini merupakan sebuah kebijakan dari Ditjen Pajak sebagai identitas pajak perseorangan. Setiap orang yang telah memiliki penghasilan, sebenarnya wajib memiliki NPWP. Hal ini bertujuan untuk membayarkan pajak kepada negara terkait penghasilan yang telah diterima. Selain merupakan kewajiban, tidak jarang sebuah badan perusahaan menjadikan kepemilikan NPWP sebagai syarat wajib sebagai karyawan. Untuk itu, FYINE merangkumkan cara membuat NPWP untuk anda:

Ada konsekuensi tertentu yang akan dialami oleh seseorang apabila tidak memiliki NPWP. Diantaranya adalah orang tersebut akan mendapatkan tarif pajak yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki NPWP. Berbagai manfaat NPWP antara lain adalah seebagai syarat administrasi pajak dan juga persyaratan dalam pelayanan umum seperti pembuatan paspor, dan lain sebagainya.

Cara membuat NPWP cukup mudah, anda tinggal melengkapi persyaratan pembuatan NPWP dan kemudian datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Ada tiga jenis individu yang memiliki persyaratan berbeda agar bisa membuat NPWP di Kantor Pelayanan Pajak. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian di bawah ini.

  • Bagi WNI, wajib membawa fotokopi KTP. Sedangkan bagi WNA, wajib membawa fotokopi paspor atau kartu ijin tinggal (KITAS atau KITAP)
  • Surat keterangan bekerja dari perusahaan dan SK bagi PNS
  • Mengisi formulir yang telah disediakan

Cara Membuat NPWP Bagi Wirausahawan atau Orang yang Memiliki Bisnis Pribadi

cara membuat npwp

  • Bagi WNI, wajib membawa fotokopi WNI. Sedangkan bagi WNA, wajib membawa fotokopi paspor atau kartu ijin tinggal (KITAS atau KITAP)
  • Surat pernyataan yang ditandatangani dan diberi materai 6000. Surat pernyataan ini berisi tentang pernyataan bahwa usaha yang dijalankan benar-benar milik pribadi.
  • Surat Keterangan Usaha, yang menjelaskan tentang usaha yang dijalankan dan mendapat tandatangan dari lurah setempat
  • Mengisi formulir yang telah disediakan
Baca juga:  20 Cara Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Mulai dari Nol

Persyaratan bagi seorang istri atau wanita yang ingin mengurus pajak terpisah dari suaminya

cara membuat npwp
Sumber: Pajeg Lempung
  • Bagi WNI, wajib membawa fotokopi KTP. Sedangkan bagi WNA, wajib membawa fotokopi paspor atau kartu ijin tinggal (KITAS atau KITAP)
  • Surat keterangan bekerja yang dikeluarkan oleh perusahaan
  • Menyerahkan surat pemisahan harta yang telah disepakati baik dari pihak suami maupun istri
  • Mengisi formulir yang telah disediakan

Selain dari cara-cara yang telah disebutkan, cara membuat NPWP bisa melalui KPP dan melalui portal online. apabila anda ingin membuat NPWP melalui situs online, anda bisa mengunjungi website resminya di ereg.pajak.go.id dan lengkapi syarat-syarat pendaftarannya.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

film kolosal terbaik

Film Kolosal Terbaik, 20 Rekomendasi yang Wajib Ditonton

daftar negatif investasi

Daftar Negatif Investasi, Point Penting yang Harus Dipahami Investor Asing