in

Penggemar Baru? Yuk Simak Panduan Urutan Arc One Piece dari Pertama Muncul Hingga Saat Ini

Siap re-watch mulai dari episode 1 gak?

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Apakah anime besar satu ini perlu panduan urutan arc One Piece?
Sebenarnya, One Piece memiliki alur maju sebagai alur utama, dengan taburan flashback masa lalu di beberapa bagian demi kelangsungan cerita dan terungkapnya rahasia. Namun, tidak ada salahnya merekap petualangan calon Raja Bajak Laut dan krunya bagi kalian yang masih awam dengan anime shounen satu ini. Sementara bagi kalian yang masih setia, ikuti tapak tilas perjalanan mereka melalui tulisan ini yuk.

Permulaan Urutan Arc One Piece, Empat Kru dari East Blue

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Bagian ini terdiri dari arc pertama, yaitu arc Romance Dawn, yang diikuti dengan arc Pulau Orange, arc Pulau Syrup, arc Baratie, arc Arlong Park, arc Loguetown, serta diakhiri dengan arc Laboon. Kumpulan arc ini menceritakan perjalanan pertama Luffy dengan sampan kecilnya dan pertemuannya dengan para kru pertama; Zoro, Nami, Usopp, dan Sanji. Meski tampak lawas, jangan remehkan bagian ini, lo. Per momen di dalamnya akan menuntunmu ke dalam kejadian besar kemudian.

Urutan Arc One Piece Grand Line, Jalan Terjal Kelompok Topi Jerami

Urutan arc One Piece

"use strict"; var adace_load_60ca3d2fd4675 = function(){ var viewport = $(window).width(); var tabletStart = 601; var landscapeStart = 801; var tabletEnd = 961; var content = '%3Cscript%20async%20src%3D%22%2F%2Fpagead2.googlesyndication.com%2Fpagead%2Fjs%2Fadsbygoogle.js%22%3E%3C%2Fscript%3E%0A%09%09%3Cins%20class%3D%22adsbygoogle%20adace_adsense_60ca3d2fd4602%22%0A%09%09style%3D%22display%3Ablock%3B%22%0A%09%09data-ad-client%3D%22ca-pub-6232974854678209%22%0A%09%09data-ad-slot%3D%224022029581%22%0A%09%09data-ad-format%3D%22auto%22%0A%09%09%3E%3C%2Fins%3E%0A%09%09%3Cscript%3E%28adsbygoogle%20%3D%20window.adsbygoogle%20%7C%7C%20%5B%5D%29.push%28%7B%7D%29%3B%3C%2Fscript%3E'; var unpack = true; if(viewport=tabletStart && viewport=landscapeStart && viewport=tabletStart && viewport=tabletEnd){ if ($wrapper.hasClass('.adace-hide-on-desktop')){ $wrapper.remove(); } } if(unpack) { $self.replaceWith(decodeURIComponent(content)); } } if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_60ca3d2fd4675(); } else { //fire when visible. var refreshIntervalId = setInterval(function(){ if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_60ca3d2fd4675(); clearInterval(refreshIntervalId); } }, 999); }

})(jQuery);

Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi

Selamat sampai Grand Line, si lautan penuh kejutan yang berbahaya, Luffy dan krunya langsung saja dihadapkan pada jalan mengalahkan Crocodile, salah satu Shichibukai yang menjajah negeri Vivi. Dimulai dari arc Whiskey Peak, dilanjutkan oleh arc Drum Island di mana mereka mendapatkan kru baru, si rusa berhidung biru yang ternyata adalah dokter, dan diakhiri dengan arc Alabasta.
Belum-belum sudah berhadapan dengan lawan kuat ya.

Urutan Arc One Piece Terbang ke Langit, 10.000 km di Atas Permukaan Laut

Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Usai dari Alabasta, mereka lanjut berpetualang bersama dengan Robin, mantan kru Crocodile, dan menemukan informasi bahwa ada Pulau Langit. Atas nama petualangan, mereka mencari info tentang keberadaannya di arc Pulau Jaya dan akhirnya menuntaskan sebuah janji tua yang tak bisa ditepati ratusan tahun lalu di arc Pulau Langit atau arc Skypeia.
Di sinilah Luffy dan yang lain memperoleh emas berkualitas untuk perbaikan kapal.

Dua Arc yang Terhubung, Urutan Arc One Piece Kota Air, Perpisahan, dan Kawan Baru

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Perjalanan mereka berlanjut ke arc Water 7 untuk memperbaiki kapal. Namun, petualangan mereka ternyata lebih seru saat Robin dibawa oleh pasukan khusus pemerintah dunia karena keberadaannya yang mengancam rahasia abad kekosongan. Petualangan mereka berubah menjadi misi penyelamatan di arc Enies Lobby, di mana Luffy dan kru Topi Jerami mendeklarasikan perang melawan pemerintah dunia hanya demi menyelamatkan seorang kawan.
Urutan arc One Piece bagian ini disertai dengan mereka yang harus melepas kapal Going Marry. Meski kemudian petualangan mereka berlanjut bersama kapal baru, Sunny Go dan kawan baru, Franky si pembuat kapal.

Urutan Arc One Piece Penuh Thriller dan Haru, Thriller Bark

Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Percaya hantu? Di sinilah kepercayaan tentang keberadaan makhluk itu diuji. Belum lagi karena arc Thriller Bark diawali pertemuan mereka dengan tengkorak hidup yang kehilangan bayangannya, Brook. Di arc ini pula, Luffy dan kawan-kawan kembali berhadapan dengan salah seorang Shichibukai, Gecko Moria.

Kepulauan Sabaody, Tragedi Terpisahnya Kelompok Topi Jerami

Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Meski selama ini mereka selalu berhasil mengalahkan musuh, ternyata Bajak Laut Topi Jerami dinilai belum siap menghadapi Dunia Baru dan kehebatannya. Usai menyelamatkan seekor duyung dari pelelangan manusia, mereka dihadapkan pada segala bentuk perlawanan dari angkatan laut. Puncaknya, mereka dipisahkan oleh kekuatan buah iblis Kuma, Shichibukai lain yang bekerja untuk pemerintah.

Tersembunyi dan Berbahaya, Pulau yang Hanya Dihuni Wanita

Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Urutan arc One Piece berlanjut ke arc Amazon Lily, Luffy diterbangkan ke Pulau Nyouga, pulau yang hanya dihuni oleh wanita. Berhadapan dengan para prajurit kuat Amazon Lily, Luffy berakhir berhasil membuat Ratu Bajak Laut, Boa Hancock, jatuh hati. Hancock bahkan bersedia membantu Luffy menyusup ke Impel Down demi menyelamatkan kakaknya, Portgas D. Ace.

Aku Akan Menyelamatkan Ace!

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Menyusup ke Impel Down dan berakhir di perang besar antara angkatan laut dan Bajak Laut Shirohige di Marineford. Begitulah petualangan tunggal Luffy usai terpisah dari krunya. Demi menyelamatkan sang kakak, Luffy menyerbu maju bersama rekan-rekan Ace di Bajak Laut Shirohige dan pelarian dari penjara Impel Down.
Sayangnya, perang diakhiri dengan kehilangan yang besar. Belum lagi Luffy berada dalam kondisi nyaris mati saat meninggalkan perang. Arc Marineford diakhiri dengan pesan Luffy pada kawan-kawannya bahwa mereka akan bertemu dua tahun lagi.

Tiga Bersaudara dan Cawan Sake; Ace, Sabo, dan Luffy

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Arc ini berisi cerita saat Ace dan Luffy masih kecil. Mereka dititipkan pada bandit gunung, Dadan. Di sinilah dijumpai bahwa Luffy memiliki satu kakak lain, yaitu Sabo. Ketiganya disatukan menjadi saudara oleh cawan sake. Arc ini menutup urutan arc One Piece sebelum timeskip.

Kepulauan Sabaody, Lagi! Menuju Kedalaman 10.000 km di Bawah Laut

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via Dokumen Pribadi
Dua tahun usai perang Marineford, kru Topi Jerami kembali bertemu di Kepulauan Sabaody. Dengan penampilan dan kekuatan baru, mereka menuju Pulau Manusia Ikan. Di sanalah kemudian mereka unjuk kebolehan dengan pertarungan melawan Hodi Jones dan krunya yang ingin menghancurkan manusia dan Pulau Ikan.

Lautan Ganas Dunia Baru dan Punk Hazard

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Urutan arc One Piece berlanjut ke arc Punk Hazard. Terbit ke permukaan, Bajak Laut Topi Jerami langsung dihadapkan pada eksperimen gila Chaesar serta aliansi baru dengan Trafalgar Law dan Bajak Laut Hati. Rute ini mengarah pada perang melawan Doflamingo, Shichibukai paling gila yang merupakan bawahan dari Yonko paling ganas, Kaido.

Negeri Boneka Doflamingo, Dressrosa

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Yang tampak ekstra bahagia dan sempurna bisa jadi menyimpan rahasia gelap. Itulah Dressrosa jajahan Doflamingo dan krunya. Bisa dibilang ini adalah versi lebih kuat dan lebih berkembang dari arc Alabasta.
Ah, ya. Di sini Luffy mengetahui fakta bahwa kakaknya masih hidup, lo.

Di Atas Zou, Red Poneglyph, dan Aliansi Baru

Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Untuk mengalahkan yonkou, pastilah butuh aliansi kuat. Di sini Bajak Laut Topi Jerami dan Bajak Laut Hati mengikat janji aliansi dengan samurai dan ninja dari negeri tertutup, Wano, serta suku mink, suku hewan yang hidup ribuan tahun di atas punggung gajah, Zou, usai mengetahui tentang cara untuk menuju pulau terakhir, yaitu Pulau Laughtale. Diperlukan Red Poneglyph dan tentunya Robin si arkeolog untuk menemukannya.

Misi Penjemputan Sanji dan Efek Deklarasi Perang Terhadap Big Mom, Arc Whole Cake Island

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Namun, sebelum menuju Wano, Luffy, Nami, Chopper, Brook, dan Carrot dari Suku Mink harus pergi ke wilayah kekuasaan yonkou lain, Big Mom, yang telah membawa paksa Sanji dengan ancaman. Ternyata Sanji adalah anggota terbuang dari Pasukan Germa 66, sebuah kerajaan tanpa wilayah untuk dikuasai dari North Blue dengan nama asli Vinsmoke Sanji.

Negeri Para Samurai, Wano, dan Rahasia yang Mulai Terungkap

Urutan arc One Piece
Sumber: Toei Animation/One Piece via One Piece Wiki
Sampai pada bagian urutan arc One Piece terakhir yang masih berlangsung hingga saat ini, arc Negeri Wano. Arc satu ini kabarnya akan lebih dahsyat dari arc Marineford, lo. Menuju arc ini telah terungkap kebenaran-kebenaran tentang pulau terakhir, Laughtale. Banyak nama besar juga yang menyertai arc ini, mulai dari Marco hingga Big Mom yang mengejar hingga kemari.
Nah, usai membaca urutan arc One Piece ini, sudahkah kalian memutuskan manakah arc One Piece terbaik?
Baca juga:  Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik 2020

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Lebih Ngeri dan Berdurasi Panjang, Siap Download Game Little Nightmares II Yang Siap Dirilis!

Profil, Biodata, dan Fakta Anna Kendrick, Yuk Kenalan Lebih Dekat