in

Disebut Sebagai Ace Nomor 3 Terbaik di Jepang, Inilah Profil Lengkap Bokuto Koutarou

Keterangan: Production I.G/Haikyuu!!

Bokuto Koutarou adalah murid kelas tiga Akademi Fukurodani dan kapten sekaligus ace dari Tim Voli Fukurodani. Dia dikenal sebagai salah satu dari lima ace terbaik di Jepang dan nyaris berada di posisi ketiga dari lima ace tersebut. Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, dia menjadi outside hitter untuk Tim MSBY Black Jackal, tim Divisi 1 di V-League Jepang. Dia juga salah satu anggota dari Tim Bola Voli Nasional Jepang.

Profil dan Biodata

Sumber: Production I.G/Haikyuu!! via Haikyuu Wiki
  • Nama: Bokuto Koutarou
  • Julukan: Bokuto, Bokuto-san, Orang Bebal, Bokkun, Burung Hantu Bertanduk Sialan, Burung Hantu Berujung Buram, Ace yang Bodoh, Senjata Laser
  • Tanggal Lahir: 20 September 1994
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Sekolah: Akademi Fukurodani
  • Posisi: Kapten, AceWing Spiker
  • Sebelum Timeskip Setelah Timeskip
    Usia 17 – 18 tahun 24 tahun (November 2018)
    Tinggi/Berat Badan 185,3 cm/78,3 kg (April 2012)
    186 cm/?? (Januari 2013)
    190,3 cm/87,4 kg
    Kesibukan Siswa Akademi Fukurodani
    Anggota tim voli Fukurodani
    V.League Division 1 Player
    Tim Tim Voli SMP Ushimi
    Tim Voli Akademi Fukurodani
    MSBY Black Jackal
    Tim Nasional Jepang (2021)
    Nomor Punggung #12 (Kelas 1 SMA)
    #4 (Kelas 3 SMA)
    #12 (MSBY Black Jackal)
    #4 (Tim Nasional Jepang)
  • Kemunculan: Chapter 78 – Let’s Go Tokyo!! Serius!! (manga)
  • Episode 4 Season Kedua – Center Ace (anime)
  • Keluarga : Dua orang kakak perempuan
  • Seiyuu : Kimura Ryouhei

Penampilan Bokuto Koutarou

"use strict"; var adace_load_60ca862516df1 = function(){ var viewport = $(window).width(); var tabletStart = 601; var landscapeStart = 801; var tabletEnd = 961; var content = '%3Cscript%20async%20src%3D%22%2F%2Fpagead2.googlesyndication.com%2Fpagead%2Fjs%2Fadsbygoogle.js%22%3E%3C%2Fscript%3E%0A%09%09%3Cins%20class%3D%22adsbygoogle%20adace_adsense_60ca862516d80%22%0A%09%09style%3D%22display%3Ablock%3B%22%0A%09%09data-ad-client%3D%22ca-pub-6232974854678209%22%0A%09%09data-ad-slot%3D%224022029581%22%0A%09%09data-ad-format%3D%22auto%22%0A%09%09%3E%3C%2Fins%3E%0A%09%09%3Cscript%3E%28adsbygoogle%20%3D%20window.adsbygoogle%20%7C%7C%20%5B%5D%29.push%28%7B%7D%29%3B%3C%2Fscript%3E'; var unpack = true; if(viewport=tabletStart && viewport=landscapeStart && viewport=tabletStart && viewport=tabletEnd){ if ($wrapper.hasClass('.adace-hide-on-desktop')){ $wrapper.remove(); } } if(unpack) { $self.replaceWith(decodeURIComponent(content)); } } if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_60ca862516df1(); } else { //fire when visible. var refreshIntervalId = setInterval(function(){ if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_60ca862516df1(); clearInterval(refreshIntervalId); } }, 999); }

})(jQuery);

Sumber: Production I.G/Haikyuu!! via Haikyuu Wiki

Bokuto Koutarou memiliki mata bulat yang berwarna keemasan dan rambut jabrik yang berwarna putih-keabu-abuan dengan beberapa rambut berwarna hitam. Gaya rambutnya yang mirip sekali dengan burung hantu bertanduk memang sengaja dibuat sedemikian rupa agar mirip sekali dengan binatang tersebut. Dia memiliki badan yang kekar dan berotot. Meskipun begitu, penampilan fisiknya di anime agak lebih kurus jika dibandingkan dengan versi manga. Hal ini kemudian dikoreksi di season-season selanjutnya.

Tak seperti kebanyakan pemain voli yang lain, Bokuto menggunakan pelindung lutut sampai ke pahanya, bukan hanya sampai di atas lututnya saja.

Latar Belakang Bokuto Koutarou

bokuto koutarou
Sumber: Production I.G/Haikyuu!! via Haikyuu Wiki

Bokuto Koutarou berteman dekat dengan Kuroo Tetsurou, kapten tim voli SMA Nekoma, dan Akaashi Keiji, wakil kapten sekaligus setter tim voli Fukurodani, meskipun yang bersangkutan lebih muda setahun darinya. Dia adalah salah satu dari lima ace terbaik tingkat nasional dan nyaris berada di posisi tiga terbaik. Dia juga murid kelas tiga Akademi Fukurodani. Dia mengatakan kalau dia belakangan ini baru benar-benar tertarik dengan voli saat dia akhirnya bisa melakukan tembakan lurus; tembakan yang berbeda dari tembakan yang menjadi spesialisasinya: tembakan menyilang.

Statistik Kekuatan dan Skill Bokuto Koutarou

Bokuto Koutarou
Sumber: Production I.G/Haikyuu!! via Dokumen Pribadi

Bokuto Koutarou adalah salah satu dari lima ace terbaik di Jepang, dengan catatan jika dia serius, maka dia bisa sekuat seorang ace ketiga terbaik. Dia mahir bermain voli, baik di defense maupun offense dan setting. Bokuto sering dipuji karena kemampuan atletisnya yang gila. Saat waktunya latihan, dia akan selalu berada di lapangan lebih lama dari anggota yang lain tiap latihan selesai dan berlatih lebih keras selama jadwal latihan. Kageyama bahkan berkomentar kalau Bokuto memiliki kemampuan untuk menganalisa situasi dan kemampuan fisik untuk langsung beradaptasi.

Bokuto Koutarou memiliki tinggi dan kekuatan yang luar biasa, sampai-sampai ia bisa block satu atau dua orang dengan kekuatannya sendiri. Tapi kemampuannya yang paling mengesankan adalah teknik dan akurasinya. Dia bisa memukul bola secara tajam dan melewati celah terkecil atau memukulkannya di antara para blockers dengan kekuatan penuh hingga sanggup melewatinya. Bokuto juga mahir dalam melakukan wipe dan block, serta memiliki skill rebound untuk bisa melakukan set yang lebih baik. Selain itu, Bokuto juga memiliki beberapa kemampuan lain, seperti:

  • Spiking. Spesialisasi Bokuto adalah melakukan cross spike, tapi sering sekali di-block. Bokuto akhirnya berlatih melakukan straight spike hingga akhirnya spike-nya tersebut mampu secara akurat menyentuh garis tepi dan tak dapat tersentuh oleh lawan. Tembakan memotongnya juga sanggup mengenai garis serangan dalam lawan.  Kemampuan melakukan feint-nya juga sangat bagus sekali.
  • Serving. Bokuto menggunakan jump serve dengan penuh tenaga dan akurasi hingga mampun mencetak skor service ace. Setelah timeskip, akurasi serve-nya juga mengalami peningkatan.
  • Receiving. Bokuto merupakan receiver yang berbakat dan sanggup menerima bola dari pemain semacam Kiryu dan Ushijima. Dia sering menerimanya dengan dadanya dan tidak sakit sama sekali karena fisiknya yang luar biasa. Penerimaannya dengan tangan cukup mengesankan karena sanggup mengembalikan bola ke setter dan hampir selalu melambungkan bola.

Hubungan Bokuto Koutarou dengan Tokoh Lain

Bokuto Koutarou
Keterangan: Production I.G/Haikyuu!! via Haikyuu Wiki
  1. Akaashi Keiji. Akaashi adalah adik kelas sekaligus teman terdekat Bokuto. Keduanya sanggup membentuk kombi spiker/setter yang kuat. Akaashi juga mengenal Bokuto dengan cukup baik hingga di titik dia bisa menghadapi pasang surut mood Bokuto selama pertandingan dan keduanya sering hang out bersama di luar latihan. Bokuto selalu meminta Akaashi untuk memujinya setelah melakukan tindakan yang mengesankan. Meskipun begitu, Akaashi selalu menolak melakukannya.

    Keterangan: Production I.G/Haikyuu!!

  2. Tim voli Fukurodani. Meskipun Bokuto terlihat seperti kakak tertua dan pilar timnya, dia sebenarnya adalah “bayi” yang didukung oleh keluarganya. Selama dia sedang mood swing, anggota timnya bertanggung jawab untuk memperhatikannya dan menyemangatinya. Meskipun begitu, seluruh anggota tim percaya bahwa dia akan kembali ke pertandingan seperti Bokuto yang percaya bahwa timnya akan mendukungnya. Bokuto juga dekat dengan manajer timnya dan kadang-kadang dia meminjam uang atau catatan darinya (walau sering lupa dikembalikan).
  3. Kuroo Tetsurou. Kuroo dan Bokuto adalah teman dekat. Mereka sering mengejek orang lain bersama dan Kuroo sepertinya tahu bagaimana nilai-nilai Bokuto di sekolah. Mereka juga sering memberikan respon yang mirip pada suatu kejadian tertentu. Kalau mereka sedang dalam mode friendly, mereka akan melakukan lomba kecil-kecilan, seperti lomba mengambil daging lebih banyak saat BBQ. Tapi di saat pertandingan resmi, mereka akan berubah ke mode full-on rival.

    Keterangan: Production I.G/Haikyuu!!

  4. Tsukishima Kei. Selama pelatihan musim panas, Tsukishima membentuk hubungan pertemanan dengan Bokuto dimana dia dan Kuroo akan berlatih mem-block sang ace. Perkembangan Tsukishima yang meningkat membuat Bokuto menjadi sosok yang lebih bijak bagi anak kelas satu SMA yang masih mencari tahu arti voli bagi diri mereka. Bokuto memanggilnya Tsukki, tapi dia tidak suka.

    Keterangan: Production I.G/Haikyuu!!

  5. Hinata Shouyou. Selama pelatihan musim panas, Bokuto berkenalan dengan Hinata setelah anak itu mengikuti latihannya bersama Akaashi dan Kuroo. Bokuto mengajari Hinata melakukan feint dan memuji Hinata yang bisa melakukan block. Hinata pun sangat mengagumi Bokuto yang merupakan ace dari tim yang kuat. Akaashi dan Bokuto mengklaim Hinata sebagai murid Bokuto. Di Final Arc, keduanya menjadi rekan tim di MSBY Black Jackal.

    Keterangan: Production I.G/Haikyuu!!

Trivia

  • Makanan favoritnya adalah Yakiniku.
  • Hal yang menjadi perhatiannya sewaktu SMA: Bagaimana kalian mengeja perhatian?
  • Hal yang menjadi perhatiannya setelah SMA: Dia tidak begitu paham dengan pajak dan semacamnya.
  • Menurut Haikyuu store di Jepang, Bokuto memiliki tangan yang lebih kecil dari Akaashi karena jari-jari Akaashi lebih panjang darinya.
  • Dia paling payah dalam pelajaran Matematika.
  • Ulang tahunnya tiga hari sebelum Equinoks Musim Gugur dalam kalender Jepang.
  • Zodiaknya adalah Virgo.
  • Menurut Akaashi, Bokuto memiliki paling tidak 37 kelemahan, dan dua kelemahannya pernah disebutkan di dalam serinya, yaitu: Kelemahan no #6: Dia suka pamerKelemahan no #37: Jika dia terlalu terpaku pada satu hal, dia akan lupa cara melakukan hal lainnya.
  • Di tahun ketiganya sewaktu Turnamen Musim Panas, dia membeli t-shirt yang tidak terkenal yang bertuliskan: “Kebijaksanaan seorang Ace: Pertama, sosok ace adalah seseorang yang menginspirasi rekannya. Kedua, dia harus menghancurkan setiap dinding yang ada. Ketiga, dia harus memukul setiap bola dengan segenap kemampuannya.”. Dia dan Hinata menganggap t-shirt itu keren.
  • Akaashi mengatakan di manga bahwa Bokuto hampir menjadi salah satu Top 3 Ace, sementara dalam versi dubbing-nya dia mengatakan bahwa Bokuto pernah menjadi salah satu Top 3 Ace tapi kemudian keluar karena alasan yang tidak diketahui.
  • Di adegan kilas balik Tsukishima sewaktu pelatihan musim panas, Kuroo dan Bokuto pernah bertukar gaya rambut.
  • Kapanpun dia sedang berada di mode emo, rambutnya turun.
  • Meskipun dia menjadi Kapten tim, Bokuto menggunakan jersey #4, bukan #1 seperti tim lainnya. Hal itu kemungkinan karena Fukurodani merupakan tipe sekolah yang menerapkan aturan bahwa ace harus menggunakan jersey #4. Baik di manga maupun anime, jersey-nya memiliki tanda yang mengindikasikan bahwa dialah kapten tim.
  • Kanji nama Bokuto (木兎) memiliki arti Burung Hantu Bertanduk; mirip seperti penampilannya. Sementara Koutarou (光太郎) adalah nama yang umum diberikan pada anak laki-laki. Kedua kanji namanya dapat diartikan menjadi burung hantu tebal.
Baca juga:  Inilah 10 Anime Romance Terbaik Dari Masa ke Masa

What do you think?

Written by diahayupitaloka

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

cara membuat rica rica ayam

Resep Rica-Rica Ayam Super Pedas yang Nagih Banget!

film terbaik malaysia

Dari Komedi hingga Misteri, Berikut 5 Film Terbaik Malaysia yang Sayang Dilewatkan